Kompas.com - 16/02/2022, 08:11 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kita semua memiliki kecenderungan untuk merasa lelah atau malas, entah akibat pandemi yang belum kunjung usai atau sulitnya menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Akibatnya, kita bangun pagi dalam kondisi yang lesu dan seringkali memerlukan secangkir kopi atau minuman berkafein lain untuk mendapatkan energi.

Namun perlu diketahui, kebiasaan bergantung pada kafein setiap hari --terutama dari minuman berkarbonasi seperti soda-- tidak baik untuk kesehatan kita.

"Kita boleh saja mengonsumsi kafein sebagai penyemangat untuk menjalani aktivitas, tapi yang sebenarnya perlu ditangani adalah penyebab mendasar dari kelelahan itu," kata dokter osteopathic Sandra Darling, DO.

Kesulitan menjalani aktivitas akibat kurang tidur adalah hal yang wajar apabila terjadi sesekali.

Namun, jika kita mengalami kelelahan kronis setiap hari dan mengonsumsi kafein untuk mengatasi kelelahan tanpa mengubah gaya hidup, maka kafein tidak benar-benar menyelesaikan masalah.

"Kita mengimbangi kelelahan dengan kafein, gula, dan camilan olahan untuk mendapatkan energi."

"Mungkin kita merasa bersemangat tetapi sebenarnya lelah. Pada dasarnya, kita mendapatkan energi palsu dari kafein," tambah Darling.

Baca juga: Agar Fit Sepanjang Hari, Lakukan Ini Saat Bangun Pagi

Membuat tubuh prima tanpa asupan kopi atau kafein

Tidak mudah menghentikan asupan kafein, apalagi jika kita terbiasa menyesap secangkir kopi di pagi hari selama bertahun-tahun.

Tetapi ada sejumlah tindakan untuk mengatasi kelelahan tanpa bergantung pada kafein. Inilah caranya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.