Kompas.com - 19/03/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Untuk menuju ke masa transisi dari pandemi ke endemi dibutuhkan persiapan matang dan tentunya pengelolaan kebugaran tubuh yang lebih baik.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk bisa menerapkan gaya hidup yang lebih sehat seperti mengatur pola makan hingga rutin berolahraga supaya imunitas tubuh kita tetap terjaga dan terhindar dari risiko penyakit.

Nah, dalam memulai gaya hidup yang lebih sehat, berikut adalah rangkuman dari tips-tips yang bisa dicoba, terutama untuk menjaga kebugaran pada masa transisi menuju ke endemi.

1. Mengonsumsi makan yang lebih sehat

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengonsumsi makanan yang lebih sehat sangat penting selama pandemi dan menuju ke masa transisi.

Sebab, apa yang kita makan dan minum dapat memengaruhi kemampuan tubuh kita untuk mencegah, melawan, dan pulih dari infeksi.

Meskipun tidak ada makanan atau suplemen makanan yang dapat mencegah atau menyembuhkan infeksi, namun diet sehat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Menkes: Bapak Presiden Minta Persiapan Skenario Covid-19 Jadi Endemi

Selain itu, nutrisi yang baik juga dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya masalah kesehatan lainnya, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Bagi bayi, diet sehat berarti pemberian ASI eksklusif pada enam bulan pertama dengan pengenalan makanan bergizi dan aman sebagai pelengkap ASI mulai usia 6 bulan hingga 2 tahun ke atas.

Sementara untuk anak kecil, diet yang sehat dan seimbang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Adapun makanan-makanan sehat yang disarankan itu terdiri dari sayur dan buah-buahan. Sedangkan makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang mengandung banyak gula, garam, dan lemak jahat.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Who.int
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.