Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Menjaga Kebugaran pada Masa Transisi Menuju Endemi

Kompas.com - 19/03/2022, 21:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Who.int

KOMPAS.com - Untuk menuju ke masa transisi dari pandemi ke endemi dibutuhkan persiapan matang dan tentunya pengelolaan kebugaran tubuh yang lebih baik.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk bisa menerapkan gaya hidup yang lebih sehat seperti mengatur pola makan hingga rutin berolahraga supaya imunitas tubuh kita tetap terjaga dan terhindar dari risiko penyakit.

Nah, dalam memulai gaya hidup yang lebih sehat, berikut adalah rangkuman dari tips-tips yang bisa dicoba, terutama untuk menjaga kebugaran pada masa transisi menuju ke endemi.

1. Mengonsumsi makan yang lebih sehat

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengonsumsi makanan yang lebih sehat sangat penting selama pandemi dan menuju ke masa transisi.

Sebab, apa yang kita makan dan minum dapat memengaruhi kemampuan tubuh kita untuk mencegah, melawan, dan pulih dari infeksi.

Meskipun tidak ada makanan atau suplemen makanan yang dapat mencegah atau menyembuhkan infeksi, namun diet sehat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Menkes: Bapak Presiden Minta Persiapan Skenario Covid-19 Jadi Endemi

Selain itu, nutrisi yang baik juga dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya masalah kesehatan lainnya, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Bagi bayi, diet sehat berarti pemberian ASI eksklusif pada enam bulan pertama dengan pengenalan makanan bergizi dan aman sebagai pelengkap ASI mulai usia 6 bulan hingga 2 tahun ke atas.

Sementara untuk anak kecil, diet yang sehat dan seimbang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Adapun makanan-makanan sehat yang disarankan itu terdiri dari sayur dan buah-buahan. Sedangkan makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang mengandung banyak gula, garam, dan lemak jahat.

Halaman:
Sumber Who.int
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com