Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Tips Jaga Kebugaran di Tengah Padatnya Rutinitas

Kompas.com - 07/04/2022, 08:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Saat ini, kita berada pada masa ketika semua orang berlomba-lomba untuk menjadi produktif. Terutama jika dihadapkan pada pekerjaan yang menuntut kita menghabiskan lebih banyak waktu untuk fokus di dalamnya.

Padatnya rutinitas kerja ini sering kali membuat kita tak lagi bisa menetapkan standar-standar pola hidup sehat. Banyak orang yang tak mampu manajemen waktu dengan baik, khususnya untuk mengatur waktu makan dan berolahraga. Padahal, pola hidup sehat sangat penting untuk pengelolaan stres dan kesehatan jiwa raga.

Salah satu pekerjaan yang banyak memakan waktu di luar rumah adalah jurnalis. Dalam hal ini, Aiman selaku jurnalis yang masih aktif hingga kini, membagikan caranya menjaga vitalitas tubuh lewat siniar Aiman Witjaksono episode "Menjaga Kesehatan dan Kebugaran".

Menurut Aiman, dalam menjaga kebugaran tubuh, olahraga merupakan harga mati. Maka dari itu, ia kerap kali mencuri waktu luang di tengah padatnya pekerjaan. "Apa yang bisa saya manfaatkan dari waktu yang saya punya untuk mengolah tubuh, untuk melakukan pemanasan, dan sebagainya."

Aiman juga mengatakan, di tengah kesibukannya meliput investigasi di luar kota, ia akan menyempatkan diri untuk berolahraga ringan di kamar hotel. Selain itu, pola makan atau asupan makanan sangat ia perhatikan.

Seperti halnya, ia akan lebih memilih nasi merah jika ada. Nasi merah merupakan karbohidrat kompleks. Selain itu, untuk sayur dan buah akan ia memakannya lebih dahulu karena mudah dicerna. Jika dimakan terakhir, pengolahan pembusukan sayur dan buah akan tertahan makanan berat lainnya.

Baca juga: Agar Tak Keliru, Seimbangkan Profesi dan Gaya Hidup dengan Cara Ini

Jika dimakan terbalik yaitu sayur atau buah terakhir, proses pembusukan juga terbalik. Akibatnya, gas dalam lambung juga naik. Hal ini akan menyebabkan asam lambung atau penyakit lainnya, jika dilakukan secara kontinyu. Menurutnya, menjaga kesehatan itu sangat penting sebagai tanda kita mencintai diri sendiri.

Mulai Berkomitmen untuk Hidup Sehat

Pilihan sehari-hari yang Anda buat memengaruhi apakah Anda mempertahankan vitalitas seiring bertambahnya usia atau mengembangkan penyakit yang memperpendek hidup dan kondisi melumpuhkan seperti penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Telah banyak kampanye yang untuk tidak merokok, berusaha menjaga berat badan yang sehat, makan makanan sehat dengan banyak buah-buahan, sayuran dan serat dan, olahraga secara teratur.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.