Kompas.com - 13/04/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Perut buncit yang disebabkan oleh penumpukan lemak seringkali mengakibatkan penurunan kepercayaan diri bagi orang-orang yang mengalaminya.

Tumpukan lemak di perut sebaiknya segera diatasi sebab bisa mendatangkan sejumlah penyakit yang fatal bagi kesehatan jika dibiarkan.

"Lemak di sekitar perut, terutama lemak visceral yang mengelilingi hati dan organ dalam, sangat inflamasi dan mengganggu metabolisme."

Hal tersebut dikatakan oleh dokter yang berspesialisasi pada pengobatan obesitas di Massachusetts General Hospital (MGH) Weight Center, Chika Anekwe.

Baca juga: 8 Kebiasaan Makan Terbaik untuk Atasi Perut Buncit, Mau Tahu?

Cara mengecilkan perut karena lemak

Adanya lemak visceral disebut Anekwe juga mengakibatkan terlepasnya molekul inflamasi yang berkontribusi terhadap resistensi insulin, diabetes tipe-2, dan penyakit kardiovaskular.

"Penelitian telah menunjukkan itu bahkan terkait dengan demensia, asma, dan beberapa jenis kanker," ujar dia.

Agar kesehatan tubuh tidak merugi, kita bisa menghilangkan tumpukan lemak sekaligus mengecilkan perut dengan mengikuti lima tips berikut ini.

1. Makan makanan sehat

Walau terdengar membosankan, ingatlah bahwa makan makanan yang sehat, seimbang, dan bergizi adalah kunci untuk menghilangkan lemak perut.

"Pilih karbohidrat kompleks dan makanan berserat tinggi daripada karbohidrat sederhana yang ditemukan dalam makanan dan minuman manis, terutama yang mengandung fruktosa."

Demikian dijelaskan oleh spesialis penyakit dalam, Howard E. LeWine.

Halaman:
Sumber Eat This


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.