Kompas.com - 11/05/2022, 15:32 WIB

KOMPAS.com - Aging gracefully menjadi istilah kekinian untuk menggambarkan keinginan bertambah tua namun penampilan tetap menarik.

Harapan ini mungkin agak mirip dengan mimpi untuk tetap awet muda namun agak sedikit realistis.

Semakin banyak orang sadar jika penuaan tidak bisa dihindari namun bisa dampaknya bisa diminimalisasi.

Maka pola hidup sehat dengan menjaga asupan makanan, rutin berolahraga serta tidur cukup diaplikasi dengan mencapai tujuan aging gracefully.

Di sisi lain, kita juga perlu mempertimbangkan sisi psikologis dari keinginan tersebut untuk benar-benar bisa mewujudkannya.

Baca juga: 4 Model Latihan Kekuatan untuk Lawan Efek Penuaan

Aspek psikologis penting untuk wujudkan mimpi aging gracefully

Penting untuk mengubah narasi yang kita percaya soal penuaan yang terjadi serta dampaknya pada diri kita.

“Pertama, Anda harus membuat keputusan untuk menerima diri sendiri dan menerima penuaan," kata Ann Kearney-Cooke, direktur di Cincinnati Psychotherapy Institute, lembaga psikologis di AS.

Daripada memikirkan efek penuaan yang membuat penampilan kita tak lagi muda, ia menyarankan fokus mempertimbangkan cara kita menghabiskan waktu.

Misalnya dengan tidak terlalu memperhatikan jumlah uban di rambut, kerutan atau garis halus di wajah namun fokus pada hal yang positif.

Tangkapan layar saat aktris Wulan Guritno konferensi pers virtual untuk film Jakarta VS Everybody, Jumat (18/3/2022).Melvina Tionardus Tangkapan layar saat aktris Wulan Guritno konferensi pers virtual untuk film Jakarta VS Everybody, Jumat (18/3/2022).
Goali Saedi Bocci, seorang psikolog klinis berlisensi dan staf pengajar di Pacific University School of Graduate Psychology mengatakan terapi perilaku kognitif dan restrukturisasi pikiran penting untuk mengubah mindset soal penuaan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.