Kompas.com - 17/05/2022, 11:31 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Inovasi kemasan ramah lingkungan terus bermunculan seiring berkembangnya gaya hidup go green di masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan Heinz, produsen saus tomat kenamaan asal Amerika Serikat. Perusahaan tersebut tengah merancang kemasan botol kertas yang ramah lingkungan.

Kemasan botol kertas dibuat dengan energi terbarukan dan memanfaatkan kertas daur ulang menjadi kemasan botol yang kokoh.

Baca juga: Wiski Johnnie Walker Bakal DIjual dalam Kemasan Botol Kertas

Kemasan botol ini pun dianggap menjadi pilihan yang ramah lingkungan selain kemasan kaca atau plastik yang ada saat ini.

Meski terbuat dari kertas, namun pihaknya mengonfirmasi bahwa kemasan itu tidak akan mengubah atau memengaruhi rasa dan kualitas saus tomat di dalamnya.

Wadah baru tersebut akan dibuat dalam kemitraan dengan Pulpex, perusahaan yang juga memproduksi botol kertas untuk Johnnie Walker, merek wiski ternama.

Kemitraan tersebut juga menjadi bagian dari rencana jangka panjang Heinz untuk membuat semua kemasannya dapat didaur ulang, digunakan kembali hingga bisa digunakan sebagai kompos pada 2025.

Baca juga: Gantikan Plastik, Tim Mahasiswa Inovasi Kemasan Ramah Lingkungan

Sementara sampai saat ini, Heinz mengklaim baru 30 persen menerapkan kemasan plastik yang ramah lingkungan melalui penggunaan bahan plastik yang aman serta tutupnya.

CEO Kraft Heinz, Miguel Patiricio mengatakan, mengemas limbah adalah tantangan terbesar dari gaya hidup saat ini.

Pihaknya berkomitmen menjadikan perusahaan yang memiliki nol emisi gas rumah kaca di setiap produksinya.

"Itulah sebabnya kami berkomitmen untuk mengambil langkah eksplorasi solusi kemasan berkelanjutan di seluruh merek kami," kata dia, seperti dilansir Metro, Senin (16/5/2022).

Botol kertas ramah lingkungan ini adalah salah satu contoh bagaimana perusahaan tersebut berinovasi dan berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan.

Baca juga: Rekomendasi Produk Perawatan Kulit Sephora yang Ramah Lingkungan

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.