Kompas.com - 20/05/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com – Kejadian pengantin kabur kembali terjadi. Kali ini dialami oleh RD, wanita asal Kabupaten Magetan, Jawa Timur, yang ditinggal pasangannya saat hari pernikahan.

Kejadian tidak mengenakkan tersebut diketahui setelah video RD berdiri di pelaminan tanpa didampingi pengantin pria diunggah akun Instagram @magetanviral, Minggu (8/5/2022).

Pengantin pria yang awalnya tidak diketahui keberadaannya lantaran kabur kemudian muncul dengan memberikan pengakuan usai video RD viral.

Baca juga: Pengantin Pria Kabur di Hari Pernikahan, Gandi: Kalau Biaya Resepsi Tak Diganti, Orangtua Saya Dipenjara

Pria bernama Gandi itu mengaku keputusannya melarikan diri didasari sejumlah masalah menjelang pernikahan, seperti biaya make-up dan hiburan musik.

Berbekal Rp 1,5 juta dari hasil menggadaikan motor, ia kabur ke Kalimantan untuk merantau demi menutup biaya pernikahannya. Awalnya, uang ini ingin ia gunakan untuk biaya hiburan musik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MAGETAN VIRAL (@magetanviral)

Pernikahan jorjoran walau minim biaya

Kejadian yang dialami Gandi dan RD tentu mengingatkan kita pada beberapa pengantin yang rela jorjoran pada hari pernikahan kendati minim biaya.

Beberapa dari mereka bahkan rela menggadaikan barang berharga, kendaraan, hingga berutang agar keinginannya duduk di pelaminan terwujud.

Walau pernikahan adalah momen penting, pengantin dan keluarga sebaiknya saling terbuka dan tidak memaksakan diri bila memiliki latar belakang ekonomi kurang mampu.

Seperti yang disarankan oleh perencana pernikahan asal Abu Sofyan Wedding Organizer, Cindy Gharsina dan Maia Paramesywari.

“Karena banyak sekali hal yang harus dipersiapkan untuk menikah, seperti mental dan kesiapan ekonomi,” kata Cindy saat dihubungi Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.