Kompas.com - 26/05/2022, 06:51 WIB

KOMPAS.com – Ada beberapa tipe atasan yang dapat ditemui di tempat kerja, yang baik maupun buruk.

Atasan yang masuk kategori buruk tentu tidak diinginkan karyawan mana pun karena gayanya memimpin bisa memengaruhi karier mereka.

Sayangnya, atasan yang berkepribadian negatif ini tidak selalu kentara. Mereka mungkin saja pandai menyembunyikan keburukannya dengan perilaku baik.

Hal tersebut semata-mata mereka lakukan untuk pencitraan dan supaya karyawan percaya pada sosoknya.

Misalnya tipe-tipe atasan berikut ini yang sering disalahartikan banyak karyawan sebagai sosok yang baik. Padahal, faktanya tidak demikian.

1. Politikus

Tipe politikus adalah atasan yang pandai mengatur orang-orang di atasnya tapi buruk dalam mengelola karyawan yang melapor langsung kepada mereka.

Tipe atasan itu sebenarnya mampu menangani kehumasan, tapi tidak memiliki kemauan atau keterampilan menjadi pemimpin yang baik.

“Tim pelaksana menganggap tim Anda melakukan pekerjaan dengan baik, proyek Anda dipuji oleh semua pihak tapi sebenarnya atasan tidak pernah bertemu dengan Anda.”

Hal itu dikatakan oleh penulis “Resilient Management” yang juga mantan Vice President of Engineering Kickstarter, Lara Hogan.

Baca juga: 8 Tanda Atasan Kita Toxic, Apa Saja?

Walau terlihat baik-baik saja, Hogan menyebut tipe politikus tidak pernah memberikan feedback yang membantu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Huffpost
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.