Kompas.com - 27/05/2022, 12:26 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat ini ada banyak sekali tren perawatan wajah yang menjadi viral di aplikasi TikTok, salah satunya adalah mengatasi jerawat dengan minum jus lidah buaya di pagi dan malam hari.

Minum jus lidah buaya ini diklaim dapat membantu mengatasi jerawat dan meningkatkan kulit bercahaya secara keseluruhan, serta membuat tekstur kulit menjadi lebih halus.

Ada pun tren ini awalnya dipopulerkan oleh seorang TikToker bernama Bria Lemirande yang mengatakan bahwa dia minum segelas jus lidah buaya di pagi dan malam untuk membantu merawat kulitnya.

"Saya tidak memakai filter kecantikan sekarang dan kulit saya benar-benar bersih sejak minum jus lidah buaya," ungkapnya.

Sejak diposting pada Maret 2022, video Lemirande telah mengumpulkan satu juta like dan lebih dari lima juta kali ditonton.

Selain itu, pencarian tagar #aloeverajuice di aplikasi tersebut juga menampilkan video dengan total lebih dari 19 juta, termasuk video TikToker lain yang berbagi pengalaman positif mereka dengan minum jus lidah buaya.

Meskipun informasi dari tren TikTok ini menarik, kenyataannya, penelitian tentang minum jus lidah buaya untuk kulit sangat terbatas.

Baca juga: 8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

Untuk itu, para dermatolog pun menjelaskan potensi manfaat dan efek samping dari minum jus lidah buaya sebagai berikut.

Mengenal lidah buaya

Sebelum lebih jauh mengetahui manfaat dan efek sampingnya, mari kita mengenal apa itu lidah buaya terlebih dulu.

Menurut National Center for Complimentary and Integrative Health (NIH), lidah buaya adalah tanaman yang tumbuh di iklim kering dan panas.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Yahoo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.