Kompas.com - 14/07/2022, 07:02 WIB

KOMPAS.com - Menetapkan batasan yang sehat dalam hubungan apa pun, baik itu percintaan, pertemanan, maupun keluarga, sangatlah penting untuk memastikan kebutuhan kita terpenuhi.

Menurut seorang pekerja sosial, Karen Salerno, MSSA, LISW-S, batasan akan menjadi semacam "kerangka kerja" yang kita tetapkan untuk diri sendiri tentang bagaimana kita ingin diperlakukan oleh orang lain.

Batasan tersebut juga menentukan bagaimana kita memperlakukan orang lain.

"Ini bisa mengatur bagaimana kita ingin diperlakukan, mempromosikan kesejahteraan fisik dan emosional, serta menghormati kebutuhan kita dan kebutuhan orang lain dalam suatu hubungan," kata Salerno.

Jadi, jika kita memiliki rekan kerja yang terlalu pribadi, dan mereka membuat beberapa hal jadi tidak nyaman, maka kita tentu ingin menghentikan perilaku itu, dengan menjelaskan apa yang kita harapkan dan hormati.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Kerap Dianggap Normal dalam Hubungan Toksik

Jika ada pertanyaan tentang apakah suatu batas itu sehat atau tidak, ingatlah bahwa batas yang sehat adalah tidak akan pernah mencoba menegaskan kendali atas orang lain.

Sebaliknya, batasan yang sehat akan mencukupi kebutuhan pribadi kita sambil mengakui kebutuhan orang-orang di sekitar kita.

Tips untuk memulainya

Langkah pertama untuk menetapkan batasan yang sehat adalah mengetahui apa kebutuhan kita, memiliki harga diri, dan mempertahankan identitas kita dengan baik.

Untuk melakukan ini, pertimbangkan juga membuat daftar nilai dan keyakinan inti kita seperti, kebutuhan untuk bahagia, kebutuhan untuk merasa aman, serta waktu dan energi yang ingin dihabiskan dengan orang lain dalam situasi berbeda.

"Penting untuk menetapkan batasan yang sehat sejak dini sehingga orang tahu cara terbaik untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan kita," ujar Salerno.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.