Kompas.com - 02/08/2022, 06:59 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berolahraga teratur menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan.

Sayangnya, apabila tidak diimbangi dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi, risiko penyakit dapat mengintai meski kita rajin berolahraga.

Fakta ini tertuang dalam studi yang dipublikasikan di jurnal BMJ Sports Medicine.

Dalam studi itu, para peneliti dari University of Sydney di Australia melihat data Biobank Inggris dari April 2007 hingga Desember 2020.

Menggunakan data dari 346.627 warga Inggris selama 11 tahun, para peneliti menentukan peserta yang mengonsumsi makanan berkualitas tinggi dan mereka yang tidak.

Diet berkualitas tinggi mencakup setidaknya empat setengah porsi buah atau sayuran per hari, dan sekitar dua porsi ikan per minggu.

Selain itu, peneliti menentukan diet yang sehat adalah mengonsumsi tidak lebih dari dua porsi daging olahan per minggu, dan kurang dari lima porsi daging merah dalam rentang waktu yang sama.

Sedangkan apa yang disebut diet berkualitas rendah atau diet tidak sehat bertentangan dengan parameter diet sehat, yang meliputi asupan tinggi daging merah dan makanan olahan, serta asupan rendah buah, sayuran, atau ikan.

Setelah menganalisis data dari Biobank Inggris, para peneliti menemukan diet sehat dan olahraga menurunkan risiko penyakit fatal hingga 17 persen.

Di sisi lain, diet berkualitas rendah meningkatkan risiko kematian kendati kita rajin berolahraga.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.