Kompas.com - 07/08/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah harta karun berupa emas, perhiasan, permata, koin perak dan artefak bersejarah telah ditemukan di perairan Bahama.

Berbagai barang berharga tersebut berasal dari kapal buatan Spanyol abad ke-17 bernama Nuestra Senora de Las Maravillas (Our Lady of Wonders).

Kapal dengan tipe dua dek tersebut karam pada 4 Januari 1656 di tepi Little Bahama Bank, Bahama Utara dalam perjalanan dari Kuba menuju Seville.

Dilansir dari Foxnews, kapal seberat 891 ton itu sempat bertabrakan dengan armada lainnya, kemudian oleng hingga menabrak karang 30 menit setelahnya dan berakhir tenggelam.

Selama lebih dari 360 tahun, para arkeolog dan ilmuwan terus berusaha menemukan puing-puing kapal yang terdapat di dasar laut.

Baca juga: USS Samuel B Roberts, Kapal Karam Terdalam di Dunia Akhirnya Terlihat dalam Peristirahatan Terakhirnya

Sebagian besar harta karun tersebut diperkirakan menyimpan 3,5 juta keping, beberapa di antaranya sempat ditemukan ada tahun 1656 dan awal 1990-an.

Pada tahun 2022, Allen Exploration, sebuah perusahaan yang menemukan harta karun tersebut mengakui telah memperbaharui segala macam alat dengan teknologi terkini.

Seperti menggunakan magnetometer beresolusi tinggi, GPS teknologi terbaru hingga alat pendeteksi logam canggih.

Dalam sebuah wawancara dengan Fox News Digital, pendiri Allen Exploration, Carl Allen mengatakan bahwa dia dan timnya mulai mencari harta karun itu pada Juli 2020 di dekat Walker's Cay.

Baca juga: Brad Pitt Berburu Harta Karun Selama Setahun gara-gara Hoaks

Deretan harta karun yang berhasil ditemukan

Kedalaman air di perairan Bahama, menurut Allen tidak terlalu dalam. Jaraknya sekitar 50 kaki dari permukaan laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Foxnews


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.