Kompas.com - 11/08/2022, 08:17 WIB

KOMPAS.com – Kehamilan yang sehat adalah impian semua ibu. Namun, dengan adanya perubahan sel dan hormon dalam tubuh, dapat memicu masalah kesehatan yang sering dirasakan oleh ibu hamil.

Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami ibu hamil adalah anemia. Mengutip dari Hematology, jumlah darah dalam tubuh akan meningkat sekitar 20-30 persen selama hamil.

Hal tersebut dapat meningkatkan kebutuhan zat besi dan vitamin untuk membuat hemoglobin
Biasanya, ibu hamil mengalami anemia disebabkan karena tubuhnya tidak mendapatkan cukup zat besi.

Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) perlu tahu, bahwa zat besi adalah mineral yang membantu pembentukan hemoglobin dan protein dalam sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Baca juga: Fungsi Zat Besi bagi Tubuh Manusia

Makanya, tidak heran ibu hamil akan merasa lemas dan mudah lelah karena kurang oksigen saat jika mengalami anemia ringan.

Beda halnya jika Genbest yang hamil mengalami anemia berat. Dilansir dari March of Dimes, kekurangan zat besi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Untuk informasi, kelahiran prematur adalah ketika bayi lahir sebelum 37 minggu masa kehamilan ibu. Sementara itu, bayi berat badan lahir rendah (BBLR) mengacu pada bayi yang memiliki berat badan kurang dari 2,5 kilogram (Kg) saat lahir.

Baca juga: Kenali Penyakit Paru-paru Kronis pada Bayi Prematur

Cara mencegah anemia saat hamil

Jika sudah mengetahui dampak anemia di atas, Genbest yang sedang hamil tidak perlu terlalu takut. Sebab, anemia bisa diatasi dan dicegah, bahkan sebelum terjadi kehamilan.

Untuk informasi, dalam keadan normal, kita membutuhkan sekitar 18 miligram zat besi. Namun, ketika hamil, dibutuhkan 27 miligram (mg) zat besi per hari selama sejak awal kehamilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.