Kompas.com - 11/08/2022, 11:06 WIB

KOMPAS.com - Drama Korea Extraordinary Attorney Woo berkisah soal Woo Young-Woo, pengacara yang menderita autism spectrum disorder (ASD).

Kondisinya tersebut membuatnya kurang memiliki keterampilan sosial dan empati namun memiliki daya ingat yang luar biasa.

Ia juga digambarkan memiliki kecerdasan luar biasa sehingga menguasai berbagai pasal-pasal yang penting untuk pekerjaannya.

Extraordinary Attorney Woo memberikan inspirasi bagaimana orang dengan disabilitas mampu hidup mandiri meski dengan stigma dan prasangka yang masih beredar.

Baca juga: 8 Drama Korea Terpopuler Sepanjang Masa, Sudah Nonton?

Mengenal lebih jauh Autism Spectrum Disorder (ASD)

Autism Spectrum Disorder (ASD) atau autisme adalah kondisi perkembangan kompleks yang memicu keterbatasan dalam komunikasi sosial, minat terbatas, dan gejala perilaku berulang.

Kondisi ini kerap dianggap sebagai penyakit seumur hidup dengan tantangan yang berbeda bagi setiap penderitanya untuk hidup mandiri.

Seringkali anak-anak menunjukkan gejala autisme dalam tahun pertama kehidupannya.

Sejumlah kecil anak tampak berkembang secara normal pada tahun pertama, dan kemudian melalui periode regresi antara usia 18-24 bulan ketika muncul gejala autisme.

Sejauh ini tidak ada obat untuk autisme namun perawatan intensif sejak dini bisa membuat penderitanya hidup mandiri, seperti kebanyakan orang.

Baca juga: 10 Tanda Awal Autisme pada Bayi yang Perlu Diwaspadai

Gejala Autism Spectrum Disorder (ASD)

American Psychiatric Association menyatakan jika orangtua bisa mengenali gejala autisme pada anak sejak sebelum usia satu tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.