Kompas.com - 23/08/2022, 11:02 WIB
Konsultasi Tanya Pakar Nutrisi

Cari jalan keluar tentang nutrisi secara tepat?

Periksa terperinci gizi Anda, konsultasi ke Kompas.com!

Narasumber: dr.Diana F Suganda M.Kes, Sp.GK 

TANYA:

Saya laki-laki berusia 39 tahun, sehari-hari bekerja sebagai tim marketing. Setiap hari jadwal kerja saya rutin, dari pagi sampai jam 6 sore. Makan malam jam 7.30. Yang jadi masalah, setiap malam sekitar jam 10 saya sering merasa lapar lagi. Biasanya saya ngemil makanan atau makan pisang.

Sebenarnya saya takut gemuk, tapi kalau tidak makan saya tidak bisa tidur karena perut keroncongan. Saya minta saran dari dokter apa yang harus saya lakukan supaya tidak gampang lapar malam-malam. Terima kasih.

Firman, Surabaya

Baca juga: Suka Ngemil Tengah Malam? Ini 7 Camilan Sehat Jelang Tidur

JAWAB:

dr.Diana F Suganda M.Kes, Sp.GKDok RS Pondok Indah dr.Diana F Suganda M.Kes, Sp.GK
Kalau masih lapar di jam 10 malam, mungkin saja asupan protein saat makan malam kurang dan total kalorinya kurang.

Jika ingin mengatur BB, karena takut gemuk, maka total kalori harian harus diatur, tidak boleh berlebihan. Bahkan harus dengan kalori defisit atau intake makanan lebih sedikit daripada output.

Pastikan jumlah protein/lauknya cukup. Konsumsi lauk hewani diimbangi dengan nabati. Kalau lauknya cukup seharusnya tidak lapar lagi ya, karena protein itu bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

Baca juga: 4 Asupan Kaya Protein demi Turun Berat Badan Setelah Usia 40, Mau?

Namun jika protein cukup, sayuran cukup, tapi masih lapar di jam 10, bisa tambah dengan buah. Pilih buah yang kalorinya kecil seperti pir, apel, pisang. Atau bisa ambil protein sebelum tidur, misalnya minum segelas susu low fat sekitar 200 ml di malam hari.

Narasumber: dr.Diana F Suganda M.Kes Sp.GK dari RS Pondok Indah Jakarta

Kirimkan pertanyaan Anda seputar nutrisi dan gaya hidup sehat di sini. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.