Kompas.com - Diperbarui 21/09/2022, 20:20 WIB

KOMPAS.com - Perut buncit merupakan suatu masalah kesehatan yang tidak boleh diabaikan.

Bukan karena tampilannya yang tampak membesar dan mengganggu penampilan secara keseluruhan.

Tetapi masalah ini diakibatkan oleh tumpukkan lemak yang disebut lemak visceral yang mengelilingi organ penting di dalam tubuh.

Kondisi tersebut sudah jelas tidak menyehatkan bahkan bisa memicu risiko berbagai penyakit.

Seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker yang disebabkan oleh kelebihan lemak di dalam tubuh. 

Baca juga: Harus Tahu, Begini Diet Sehat untuk Enyahkan Perut Buncit 

Penyebab perut buncit

Ilustrasi cara mengecilkan perut buncit pada wanitaPEXELS/Andres Ayrton Ilustrasi cara mengecilkan perut buncit pada wanita

Mengutip VeryWell Health, perut buncit dapat dialami oleh semua orang. Tak cuma orang gemuk, tetapi juga pada orang yang kurus.

Penyebab utamanya bisa dipicu oleh banyak faktor, mulai dari usia, pola makan, stres, kurangnya aktivitas fisik dan beberapa alasan lain sebagai berikut:

1. Kelebihan kalori

Kebiasaan pola makan yang tidak sehat seperti terlalu sering mengonsumsi makanan dengan kalori tinggi merupakan salah satu penyebab perut buncit yang paling umum.

Risiko ini dapat meningkat seiring dengan gaya hidup kurang aktif pada seseorang yang kemudian memicu lemak tertimbun di area perut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.