Kompas.com - 24/09/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Asupan lemak dan karbohidrat, serta kesehatan jantung menjadi topik yang terus dibicarakan di dunia kesehatan selama beberapa tahun terakhir.

Salah satu anjuran yang sering mengemuka adalah, membatasi asupan lemak jenuh dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Namun, bukan berarti mengurangi lemak jenuh secara otomatis menurunkan risiko penyakit jantung. Apa yang kita konsumsi sebagai pengganti lemak jenuh juga harus diperhatikan --seperti jenis karbohidrat yang dipilih.

Pengertian lemak jenuh

Lemak, baik lemak jenuh maupun lemak tak jenuh, terdiri dari bahan penyusun yang sama, yaitu karbon dan hidrogen.

Baca juga: 3 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Jantung

Lemak jenuh memiliki lebih banyak hidrogen, sehingga rantai lemak lebih kaku. Inilah sebabnya makanan dengan lemak jenuh bisa padat dalam suhu kamar.

Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol "jahat" atau LDL dalam darah, dan memicu aterosklerosis (penyakit jantung akibat penumpukan plak di arteri).

Beberapa makanan seperti daging merah, mentega, minyak sawit, dan minyak kelapa memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi.

Apa itu lemak tak jenuh?

Lemak tak jenuh terbagi menjadi dua, yakni lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

Lemak tak jenuh tunggal memiliki hidrogen lebih sedikit daripada lemak jenuh, sehingga makanan dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi seringkali cair pada suhu kamar tetapi padat saat didinginkan.

Sumber makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal meliputi minyak canola, minyak safflower, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.