Kompas.com - 26/09/2022, 12:32 WIB

KOMPAS.com - Minum segelas es teh manis memang amat menyegarkan di tengah cuaca Indonesia yang panas.

Rasanya begitu nikmat di lidah maupun di tenggorokan sehingga membuat kita ketagihan.

Minuman ini juga cocok dikombinasikan dengan berbagai makanan mulai dari ayam geprek, sate, soto hingga camilan manis.

Baca juga: Ayam Geprek dan Es Teh Manis, Lezat tapi Kurang Sehat, Ini Alasannya..

Namun beberapa orang bertanya-tanya apakah kebiasaan minum es teh manis akan berdampak buruk, khususnya pada kerja ginjal.

Kebiasaan minum es teh berisiko untuk kesehatan ginjal

Apakah es teh manis bisa berbahaya untuk ginjal?

"Bisa sih karena teh sendiri mengandung oksalat," kata spesialis penyakit dalam di Surabaya, dr. R.A. Adaninggar Primadia Nariswari, Sp.PD, dikutip dari akun Instagramnya.

Kadar oksalat berlebihan bisa menyebabkan pembentukan batu di saluran kemih termasuk pada ginjal.

Jadi konsumsi es teh manis pada orang yang berisiko tinggi mengalami batu ginjal memang bisa merusak kerja organ ekskresi ini dalam jangka panjang.

Baca juga: Lebih Sehat Mana, Teh Hijau atau Teh Hitam?

Pakar kesehatan yang akrab dipanggil Dokter Ning ini menambahkan, beberapa teh yang berisi komponen herbal juga bisa berbahaya apabila dikonsumsi.

Khususnya oleh orang yang memang berisiko tinggi atau sudah mengalami gangguan ginjal sebelumnya seperti penyakit komorbid diabetes atau hipertensi.

Orang dengan kondisi tersebut cenderung sudah mengalami gangguan fungsi ginjal sehingga kebiasaan minum es teh manis setiap hari bisa berbahaya karena mempercepat kerusakannya.

"Selama dikonsumsi sama orang yang jelas-jelas ginjalnya sehat dan tidak berlebihan sebenarnya es teh enggak berbahaya," jelas jebolan Universitas Airlangga ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.