Kompas.com - 28/09/2022, 16:36 WIB

KOMPAS.com - Kebiasaan begadang tidak sekadar menurunkan konsentrasi ketika bekerja, mengacaukan suasana hati, atau menambah berat badan.

Lebih dari itu, begadang juga memicu diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular menurut studi Rutgers University asal New Jersey, AS.

Keterkaitan begadang dengan dua penyakit itu ditemukan peneliti setelah mereka menggelar studi yang membagi responden ke dalam dua kelompok.

Pertama-tama, peneliti mengelompokkan responden berdasar kronotipe atau kecenderungan alami tubuh untuk tidur pada waktu tertentu.

Baca juga: 7 Risiko Kesehatan Akibat Sering Begadang

Peneliti senagaja membandingkan pola aktivitas dan siklus tidur orang yang lebih aktif di siang, malam dan orang yang suka aktif di pagi hari.

Hasil penelitian

Dari studi yang digelar, peneliti mendapati temuan bahwa responden yang suka begadang kemampuannya menggunakan lemak sebagai energi lebih lemah.

Peneliti menjelaskan, risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular dapat meningkat karena lemak dalam tubuh menumpuk.

Di samping itu, studi menyebut responden yang tidak begadang secara fisik dan kebugaran lebih baik daripada mereka yang begadang.

Peneliti mengatakan, studi lebih lanjut sebenarnya masih diperlukan untuk menentukan apakah olahraga di pagi hari mendatangkan lebih banyak manfaat untuk kesehatan.

Cara memperbaiki kebiasaan begadang

Seperti yang sudah disebutkan dan studi lainnya bahwa begadang berdampak buruk bagi kesehatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.