Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
DR. dr. Tan Shot Yen, M.hum
Dokter

Dokter, ahli nutrisi, magister filsafat, dan penulis buku.

Dari Rasa Menjadi Petaka

Kompas.com - 15/12/2022, 09:05 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Seperti biasa, saya menulis di atas 11 ribu meter lebih dari permukaan laut, dalam perjalanan terbang kembali ke tanah air usai menghadiri International Congress of Nutrition di Tokyo yang mulai memasuki musim dingin menggigit.

Sekali pun bangga karena mendapat penghargaan dari presentasi abstrak saya, yang membahas Model Pemberdayaan untuk meningkatkan asupan sayur bagi penyandang Diabetes Mellitus dewasa, yang terbukti secara signifikan mengontrol kadar gula darah pada studi terkontrol acak, terselip rasa sedih dan frustrasi akan situasi asupan pangan bayi dan anak di negri sendiri.

Pada salah satu simposium Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam kongres tersebut, dibahas tentang agresifnya iklan industri yang mengubah ‘mindset’ orang (apalagi anak dan remaja), sehingga kampanye meningkatkan kesadaran dan literasi keluarga saja tidak lagi dirasa cukup.

Baca juga: Pangan Asli yang Terinvasi

Menggunakan selebrita, artis, bahkan nakes sebagai endorser yang ikut mempromosikan aneka dagangan yang disebut makanan dan minuman, sudah menjadi hal yang amat mengkhawatirkan.

Mengambil judul “Food marketing exposure and power and their associations with food-related attitudes, beliefs and behaviours”, WHO menyerukan, agar pemerintah perlu mengambil tindakan dalam bentuk kebijakan dan regulasi yang merupakan bagian dari perlindungan anak.

Ketimbang berdiam diri dan pelan-pelan kita menyaksikan malapetaka luar biasa di kemudian hari, DI MANA penyakit-penyakit kronik membebani Jaminan Kesehatan Nasional, serta kualitas sumber daya manusia itu sendiri.

Pemahaman makanan bergizi

Beberapa hari yang lalu di halaman depan tajuk utama Harian Kompas terpampang judul yang amat menyakitkan: “Separuh Lebih Penduduk Tak Mampu Makan Bergizi” – betapa ironinya, tanah air yang kaya begini, rakyatnya berisiko masuk ke jurang malnutrisi?

Lalu, apa pemahaman orang Indonesia tentang istilah pangan bergizi itu? Bagaimana kita menjustifikasi suatu asupan punya nilai gizi atau tidak?

Lalu bagaimana dengan para orangtua yang justru membiarkan anak-anaknya jajan dengan kepercayaan ‘agar tahan banting, makan terlalu sehat nanti dikit-dikit sakit,’ bahkan ada yang lebih percaya produk kemasan, karena di bungkusnya terpampang rayuan bombastis: mengandung kalsium! Kaya vitamin!

Yang paling menyedihkan jika ada nakes, yang justru menganjurkan para orangtua lebih percaya dengan bubur bayi kemasan karena ‘higienis, dan sudah tertakar gizinya’.

Para orangtua yang sejak awal ditakut-takuti bayangan anak stunting, kurus, tidak pintar, dan mudah sakit, di waktu yang sama gencarnya iklan promosi produk kemasan semakin meruntuhkan rasa percaya diri orangtua untuk mampu memberi makan anak-anaknya dengan makanan rumahan yang diolah sendiri dengan pilihan bahan utuh, berkualitas dan secara kuantitas bisa dipertanggungjawabkan.

Bayi menolak makan diandaikan ibunya tidak pintar masak, kurang bumbu, hambar, dan tidak menarik.

Padahal, di masa transisi anak yang tadinya hanya menyusu, tiba-tiba harus makan, sangat mungkin ada masalah muncul: salah tekstur, salah waktu pemberian makan di waktu bayi terlanjur mengantuk atau perutnya masih ‘begah’ belum buang air besar.

Baca juga: Dari Stunting ke Teh Manis, Apakah Edukasi Kita Miskin Literasi?

Istilah gerakan tutup mulut alias ‘GTM’ yang sangat fenomenal di kalangan ibu baru, juga bisa disebabkan karena sariawan dan jamur mulut yang mengganggu proses makan.

Pengenalan rasa pada anak yang baru belajar makan, acapkali diasumsikan seperti kekayaan rasa orang dewasa.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com