Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 30/01/2023, 05:13 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Today

KOMPAS.com - Memiliki kebiasaan makan yang baik dan sehat ternyata dapat memperpanjang usia kita.

Hal ini disebabkan karena mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi mampu mencegah kita terkena berbagai macam penyakit kronis, seperti kanker, jantung, hipertensi, atau alzheimer.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ketua departemen nutrisi dan epidemiologi di T.H. Chan School of Public Health Harvard, Frank Hu, sebagian besar makanan sehat dan padat nutrisi berasal dari nabati atau yang berbasis tanaman.

Baca juga: Resep Mi Panjang Umur, Makanan Khas Imlek yang Mudah Dibuat

"Makanan dengan sumber vitamin dan mineral dalam jumlah besar biasanya mencakup buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan."

"Sementara makanan dengan jumlah vitamin yang lebih rendah antara lain karbohidrat olahan, gula tambahan, natrium, serta daging merah dan daging olahan," jelas dia.

Kebiasaan makan untuk hidup lebih lama

Dilansir dari laman Today, berikut adalah kebiasaan makan yang dapat diterapkan untuk membantu kita hidup lebih lama dengan cara yang sehat.

1. Berfokus pada serat

Salah satu cara terbaik untuk mengonsumsi lebih banyak makanan berbasis tanaman adalah dengan fokus untuk mendapatkan lebih banyak serat.

Sebuah tinjauan sistematis dan meta-analisis tahun 2019 dalam jurnal Lancet pun menemukan manfaat serat terhadap penurunan penyebab kematian.

Di mana, asupan serat yang cukup (antara 25 g hingga 29 g per hari) diketahui mampu menurunkan risiko kematian akibat berbagai penyakit seperti jantung, diabetes tipe 2, maupun kanker kolorektal.

2. Mengonsumsi kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan juga menjadi salah satu kebiasaan makan yang dapat memperpanjang usia kita.

Kacang-kacangan diketahui mengandung lemak sehat yang tinggi, yang membantu meningkatkan rasa kenyang sehingga dapat membantu mengelola berat badan kita.

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Bisa Membuat Kita Panjang Umur

Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga telah dikaitkan dengan kesehatan otak yang lebih baik dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Mengonsumsi sayuran yang berwarna-warni

Warna sangat penting dalam dunia tanaman atau sayuran, karena berasal dari senyawa yang disebut fitonutrien yang memberikan rona dan manfaat bagi tanaman.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran berwarna-warni juga dapat mencegah kita terkena penyakit sehingga kita bisa hidup lebih lama.

4. Pilih sumber protein nabati dan ikan

Kacang-kacangan, polong-polongan, dan ikan menjadi sorotan dalam beberapa pola makan.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Today


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com