Kompas.com - 03/05/2022, 11:19 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bicara soal penuaan, kita tidak dapat memiliki umur yang lebih panjang tanpa menerapkan gaya hidup yang berkualitas.

Untuk itu, ahli gizi dan peneliti yang berfokus pada gaya hidup, Frank Hu, PhD, pun mengatakan bahwa tidak pernah terlambat bagi orang-orang untuk membuat perubahan gaya hidup yang lebih positif.

"Bahkan bagi mereka yang berusia 70 tahun atau lebih, mengikuti gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang sehat dan aktif secara fisik dapat memperpanjang umur," terangnya.

Nah, berikut adalah beberapa kebiasaan dalam gaya hidup sehari-hari yang bisa diterapkan untuk membuat kita panjang umur.

1. Diet yang sehat

Studi menunjukkan bahwa mengikuti diet sehat dapat menambah sepuluh tahun hidup kita.

"Penting untuk meningkatkan harapan hidup bebas penyakit karena hal itu memiliki implikasi penting dalam kualitas hidup dan mengurangi biaya perawatan kesehatan secara keseluruhan," kata Hu.

"Memperpanjang umur saja tidak cukup, kami ingin memperpanjang rentang kesehatan, sehingga harapan hidup yang lebih panjang disertai kondisi sehat dan bebas dari penyakit kronis utama maupun kecacatan yang terkait dengan penyakit tersebut," ujar dia.

Baca juga: Tips Memasak Ala Penduduk Zona Biru agar Panjang Umur

2. Melakukan aktivitas fisik secara rutin

Menurut penelitian, tetap aktif sepanjang hari sangat berkaitan dengan hidup yang lebih lama dan lebih sehat.

"Kami menemukan bahwa aktivitas fisik tingkat rendah — setara dengan berjalan kaki sekitar 10 menit sehari — dikaitkan dengan peningkatan harapan hidup hampir 2 tahun," ungkap seorang dokter, Dr Steven Moore.

"Sementara itu, aktivitas tingkat tinggi — setara dengan berjalan kaki selama 45 menit sehari — telah dikaitkan dengan peningkatan hidup 4 tahun atau lebih," ujar dia.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.