Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2023, 17:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Selain menjalani pengobatan medis dan gaya hidup aktif, ada cara sederhana untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi sayuran tertentu.

Ya, sayuran merupakan makanan sehat yang mengandung nutrisi penting yang baik bagi kesehatan tubuh.

Bahkan beberapa di antaranya juga sudah terbukti secara ilmiah dapat mengurangi kadar kolesterol jahat sekaligus menyehatkan jantung.

Baca juga: Resep Mudah Bikin Nasi Goreng Sayuran dari Sisa Nasi Semalam 

Jenis sayuran penurun kolesterol

Ilustrasi sayuran mentah.freepik/gpointstudio Ilustrasi sayuran mentah.

Sayuran termasuk sebagai panganan sumber serat, antioksidan dan nutrisi penting lainnya untuk menjaga sistem kardiovaskular agar tetap berfungsi dengan baik.

Dalam hal ini, penderita kolesterol disarankan untuk rutin mengonsumsi jenis sayuran tertentu karena khasiatnya bisa menurunkan kadar kolesterol, hingga menjaga berat badannya tetap terkontrol.

Melansir laman Healthshots, berikut sejumlah sayuran yang sehat untuk jantung sekaligus bermanfaat sebagai penurun kolesterol jahat, seperti yang direkomendasikan Karishma Chawla, seorang dokter dan ahli gizi yang berbasis di India.

1. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan serat larut yang tinggi sehingga membuatnya menjadi salah makanan terbaik untuk mengurangi kolesterol jahat.

Terutama pada kandungan senyawa sulfur yang disebut Sulfurophane, yang membantu mengurangi kadar trigliserida di dalam darah.

Lebih dari itu, serat yang terkandung pada brokoli juga dapat meringankan fungsi empedu saat mengeluarkan kadar kolesterol.

2. Kale

Rutin mengonsumsi kale dapat membantu tubuh mencegah terjadinya penumpukkan kolesterol karena efeknya bisa melebarkan pembuluh darah.

Sayuran hijau yang satu ini juga kaya akan kalium, serat, folat, kalsium, dan antioksidan yang baik untuk menyehatkan jantung.

3. Kembang kol

Kembang kol mengandung sejenis lipid yang dapat mengentikan usus menyerap kolesterol.

Kemudian ada pula kandungan Sulforaphane yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan bisa menjaga pembuluh darah tetap bersih dari penumpukkan lemak.

Baca juga: 4 Olahraga yang Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

Ilustrasi wanita sedang memakan sayuran.freepic.diller/ Freepik Ilustrasi wanita sedang memakan sayuran.

4. Lobak

Lobak merupakan sumber anthocyanin yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah sekaligus membantu mengurangi tingkat peradangan.

Sementara kandungan mineral seperti kalsium, potasium dan antioksidannya bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

5. Wortel

Sayuran renyah berwarna oranye ini merupakan sumber beta-karoten tinggi termasuk BC01.

Manfaat dari senyawa ini adalah dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Selain beta-karoten, wortel juga mengandung serat larut dalam bentuk pektin. Senyawa ini bisa mencegah usus dalam menyerap tumpukkan kolesterol.

Baca juga: Khasiat Madu, Kendalikan Kadar Gula Darah dan Kolesterol

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com