Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan yang Baik bagi Kesehatan Jantung, Ada Minyak Zaitun

Kompas.com - Diperbarui 05/04/2023, 09:41 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Today

KOMPAS.com - Penyakit jantung merupakan salah penyakit paling mematikan di dunia.

Siapa saja bisa mengalami gangguan atau masalah pada jantung, termasuk para wanita.

Untungnya, mengonsumsi makanan dari pola makan yang sehat, seperti diet Mediterania, mampu membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung, termasuk bagi wanita.

Para peneliti di University of Sydney menganalisis data dari 16 penelitian, dengan melihat total 22.495 wanita.

Mereka menemukan bahwa wanita yang paling dekat dengan diet Mediterania memiliki insiden penyakit jantung 24 persen lebih rendah, serta risiko kematian 23 persen lebih rendah.

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Heart tersebut menggarisbawahi peran penting diet dalam pencegahan penyakit jantung dan kematian di kalangan wanita.

"Pola makan yang kaya akan tanaman dan makanan utuh tidak hanya membantu kesehatan jantung secara keseluruhan, tetapi juga membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kontrol gula darah."

Demikian penuturan Icilma Fergus, direktur disparitas kardiovaskular di Mount Sinai Medical Center kepada Today.

Makanan dalam diet Mediterania yang baik bagi kesehatan jantung

Menurut seorang ahli gizi, Frances Largeman-Roth, diet Mediterania difokuskan pada makanan nabati yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, rempah-rempah, kacang-kacangan, hingga biji-bijian.

"Makanan utama lainnya, termasuk makanan laut dan minyak zaitun, serta produk susu, telur dan unggas dalam jumlah sedang, dan daging merah dalam jumlah kecil," kata Largeman-Roth.

"Ini tidak menekankan pada makanan olahan, gula tambahan, lemak jenuh dan karbohidrat olahan, yang semuanya telah terbukti meningkatkan peradangan," jelas dia.

Banyak makanan dalam diet Mediterania menyediakan nutrisi yang terkait dengan kesehatan jantung yang lebih baik dan semua tanaman menambah jumlah serat yang berarti, yang dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan pencernaan.

"Beberapa penelitian juga menemukan, diet Mediterania dapat memberikan manfaat bagi wanita menopause," terang Largeman-Roth.

Sementara itu, para ahli mengungkapkan, diet Mediterania populer karena sederhana, fleksibel, dan berfokus pada penambahan makanan lezat daripada pembatasan.

Baca juga: Mengenal Minyak Zaitun Ekstra Virgin, Apa Bedanya?

Kelebihan inilah yang menyebabkan diet Mediterania lebih menjadi gaya hidup daripada diet.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com