Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarang Disadari, 10 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Kita Dibenci Orang

Kompas.com - Diperbarui 10/04/2023, 08:08 WIB
Dinno Baskoro,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap orang tentu memiliki kebiasaan buruk, tetapi ada yang sangat parah sehingga bisa membuat kita dibenci bahkan dijauhi teman.

Selain itu, perilaku tersebut juga bisa memengaruhi sikap dan persepsi orang lain terhadap diri kita. 

Namun yang sangat disayangkan adalah beberapa kebiasaan sehari-hari berikut ini jarang disadari kebanyakan orang sehingga dampaknya membuat kita dibenci orang lain.

Baca juga: 7 Hal yang Dibenci Wanita Saat Berhubungan Seks, Pria Jangan Egois  

Kebiasaan buruk yang bikin kita dibenci orang

Sejumlah kebiasaan buruk yang membuat kita dibenci orang biasanya merupakan satu hal yang sangat mengganggu ketenangan hingga dampaknya merugikan.

Mulai dari suka datang terlambat, bergosip sampai beberapa kebiasaan lain seperti berbicara dengan suara keras.

Jika kita masih sering melakukan 10 kebiasaan buruk sebagai berikut, lebih baik ubah kebiasaan itu agar kita tidak punya banyak musuh dan tidak jadi public enemy.

1. Sering terlambat

Kebiasaan yang akan membuat orang-orang di sekitar gelisah bahkan membenci kita adalah selalu datang terlambat dalam pertemuan atau janji apapun.

Terlepas apakah pertemuan itu penting atau tidak, datang terlambat bisa memberi kesan bahwa kita tidak menghargai waktu orang lain. 

2. Selalu berprasangka buruk

Kebiasaan lain yang membuat orang tidak menyukai kita adalah terus-menerus melihat sisi negatif dari kehidupan alias kebanyakan berprasangka buruk.

Terkadang memiliki prasangka buruk itu cukup normal asalkan intensitasnya tidak berlebihan.

Tetapi jika kita terus-menerus berfokus pada kemungkinan terburuk dari suatu hal yang baru kita dengar, energi negatif itu akan membawa kita dibenci banyak orang. 

Pasalnya pikiran negatif itu mudah sekali menular, dan tanpa disadari hal itu bisa membuat ketenangan seseorang jadi terganggu dan tidak nyaman.

Jika kita termasuk di antaranya yang suka berprasangka buruk terhadap sesuatu, coba kurang-kurangi prasangka buruk itu dan coba lihat suatu hal dari banyak sisi. 

3. Selalu berpura-pura

Mirip seperti berprasangka buruk, orang-orang yang suka menebarkan kepalsuan juga termasuk kepribadian yang tidak disukai banyak orang.

Sikap berpura-pura sering dianggap sebagai perilaku yang tidak tulus dan palsu. Bahkan jika berpura-pura dengan maksud membuat orang lain terkesan, tetapi hal itu akan menjadi bumerang bagi diri kita.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com