Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan 8 Gelas, Ini Jumlah Ideal Air Putih yang Harus Diminum Per Hari

Kompas.com - Diperbarui 17/06/2023, 06:35 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Fortune

KOMPAS.com - Sejauh ini mungkin kita mengenal anjuran minum air putih sebanyak delapan gelas sehari.

Padahal faktanya, jumlah ideal minum air delapan gelas per hari itu tidak bisa dipukul rata.

Dengan kata lain, kebutuhan asupan cairan itu dapat bervariasi dan tergantung pada usia, jenis kelamin dan tingkat aktivitas yang dimiliki masing-masing individu.

Baca juga: Minum Air hingga Camilan Asin, 3 Cara Mudah Tingkatkan Darah Rendah 

Jumlah konsumsi air ideal dalam sehari

Menambah asupan air putih adalah salah satu hal yang harus dilakukan saat cuaca panas agar terhindar dari dehidrasi.Shutterstock/Krakenimages.com Menambah asupan air putih adalah salah satu hal yang harus dilakukan saat cuaca panas agar terhindar dari dehidrasi.

Rata-rata tubuh manusia terdiri dari lebih 60 persen air. Komposisinya membentuk hampir dua pertiga dari otak dan jantung, paru-paru, kulit hingga tulang.

Hampir setiap fungsi dan proses organ di dalam tubuh membutuhkan air. Maka dari itu, asupan air minum sangat penting untuk diperhatikan dalam rutinitas kita.

Terkait dengan kebutuhan asupan air minum harian, Crystal Scott, ahli gizi bersertifikat di Top Nutrition Coaching memiliki pendapat berbeda dari pandangan umum yang mungkin kita yakini sebelumnya.

Dia mengatakan bahwa tidak semua orang membutuhkan delapan gelas per hari.

"Menurut saya jumlah itu tidak salah, tetapi menurut penelitian dari waktu ke waktu, takaran itu pasti telah berkembang."

"Rekomendasi minum air putih akan bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin dan tingkat aktivitas," katanya, sebagaimana dilansir Fortune.

Selain beberapa faktor tersebut, rekomendasi asupan cairan tubuh juga dapat bervariasi berdasarkan kondisi masing-masing individu.

Misalnya jika kita tinggal di iklim panas dan lembap serta punya aktivitas fisik yang padat, atau kondisi hamil hingga menyusui.

Kondisi itu membuat seseorang lebih butuh banyak air setiap hari daripada orang pada umumnya.

Di sisi lain, National Academy of Science, Engineering and Medicine merekomendasikan asupan cairan rata-rata orang dewasa sekitar 3,5 liter per hari untuk pria dan 2,6 liter untuk wanita.

Jumlah ini tentu lebih banyak dari anggapan sebelumnya delapan gelas per hari yang jika dikonversi ke satuan liter jumlahnya hanya dua liter per hari.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com