Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2023, 10:52 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Livestrong

KOMPAS.com - Masakan dengan tambahan minyak zaitun memang menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan.

American Heart Association melaporkan, konsumsi minyak zaitun secara rutin bisa mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol jahat hingga mencegah penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah.

Biasanya minyak zaitun diolah atau dicampur ke dalam masakan. Lantas, bagaimana jika diminum langsung? Sehatkah?

Baca juga: Perawatan di Rumah Cegah Rambut Bercabang dengan Minyak Zaitun 

Fakta minum minyak zaitun

Secara umum, minyak zaitun terdiri dari 98 persen lemak dan lemak tak jenuh tunggal yang dilengkapi asam oleat dan kadarnya tergantung dari jenis, di mana zaitun ditanam, dipanen atau disimpan.

Selain sehat bagi jantung, minyak yang satu ini juga dinilai memiliki manfaat dalam mencegah penyakit peradangan kronis.

Terkait dengan banyak ulasan yang merekomendasikan konsumsi minyak zaitun, menurut The Olive Tap, orang-orang di kawasan Mediterania punya kebiasaan meminumnya secara langsung.

Mereka terbiasa minum extra virgin olive oil (minyak zaitun murni tanpa proses pemanasan dan campuran bahan kimia) dengan takaran seperempat cangkir setiap pagi. 

Beberapa orang Mediterania ada yang mengonsumsinya diikuti dengan segelas air hangat yang ditambahkan jeruk lemon.

Extra virgin olive oil ini dinilai memiliki nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak zaitun biasa atau yang telah diproses secara berlebihan.

Beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan di antaranya asam lemak sehat, antioksidan tinggi, senyawa antiinflamasi, vitamin K, hingga karotenoid. 

Sedangkan meminumnya secara langsung dikatakan bisa membuat nutrisi dan manfaatnya yang baik bisa masuk ke dalam tubuh secara optimal. Lain hal jika diolah ke dalam makanan, mungkin minyak dan sejumlah kandungannya bisa menguap karena terpapar panas tertentu. 

Sebuah penelitian di tahun 2014 tentang diet Mediterania yang diterbitkan dalam jurnal BMC Medicine, mereka yang konsumsi minyak zaitun secara langsung dapat mengurangi risiko penyakit arteri koroner hingga risiko penyakit jantung.

The Olive Tap menyarankan, satu atau dua sendok makan saja bisa memberikan manfaat yang baik, termasuk bagi kesehatan kuku, pertumbuhan kuku hingga kulit yang bercahaya.

Namun saat mengonsumsinya, setiap orang mungkin membutuhkan saran dari dokter agar konsumsinya aman dan bebas efek samping.

Baca juga: Tambahkan Minyak Zaitun dalam Kopi, Apa Manfaatnya? 

Ilustrasi minyak zaitun.SHUTTERSTOCK/DUSAN ZIDAR Ilustrasi minyak zaitun.

Takaran minum minyak zaitun

Menurut laporan WebMD, takaran aman minum minyak zaitun setidaknya sekitar 14 persen dari jumlah kebutuhan kalori harian atau 2 sendok makan saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com