Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna yang Membuat Orang Lebih Mempercayaimu, Menurut Penelitian

Kompas.com - 24/02/2024, 17:17 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Kepercayaan adalah salah satu unsur terpenting dalam semua jenis hubungan. Mengundang seseorang yang baru ke dalam hidup kita atau membuat komitmen jangka panjang tidak dapat terjadi kecuali ada kepercayaan.

Sayangnya, kepercayaan orang terhadap sesamanya semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Sisi baiknya, kita menjadi tidak mudah ditipu karena selalu waspada, walau kecurigaan yang berlebihan juga tidak baik. 

Namun bila kamu ingin lebih mudah dipercaya seseorng, ada hal sederhana seperti menggunakan pakaian warna tertentu untuk mengubah cara orang memandangmu. 

Dan sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan dengan tepat warna spesifik apa yang diasosiasikan orang dengan tingkat kepercayaan yang tinggi. 

Baca juga: Warna Terbaik untuk Menarik Cinta, Menurut Astrologi

Warna yang kita kenakan dapat mempengaruhi cara orang memandang kita

Orang-orang telah menggunakan fashion sebagai bentuk ekspresi diri selama berabad-abad. Dan bukan hanya apa yang kita kenakan, namun warna yang kita kenakan ternyata memiliki efek yang sangat ampuh. 

“Warna pakaian kita berfungsi sebagai sinyal bagi orang lain; warna tersebut memberi tahu mereka siapa kita,” jelas perusahaan fesyen The Good Trade.

Susan Gagnon, pakar mode dan pemimpin redaksi Costumes Heaven, mengatakan kepada Best Life bahwa konsep tersebut penting dalam satu bidang studi: psikologi warna, yang berupaya menentukan bagaimana warna tertentu memengaruhi perilaku manusia. 

“Otak kita terhubung dengan pemicu sensorik yang memengaruhi emosi. Beberapa sensor memicu kebahagiaan, yang lain memicu kesedihan,” jelas Gagnon. Oleh karena itu, warna yang berbeda menghasilkan reaksi emosional yang berbeda dari orang yang melihatnya.

Untungnya, kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari tahu warna mana yang dikaitkan dengan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi —karena para peneliti telah menunjukkan jawabannya.

Warna yang bisa membuat orang lebih percaya 

Ilustrasi kerja sama.justocker Ilustrasi kerja sama.
Jika kamu ingin mendapatkan kepercayaan dari orang-orang di sekitarmu, warna pakaian bisa ikut berperan.

Para peneliti dari Universitas Soochow di Tiongkok baru-baru ini berusaha untuk "mengeksplorasi pengaruh" warna pakaian terhadap persepsi kepercayaan, dan mempublikasikan temuan mereka di International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT) pada Mei 2021. 

Para peneliti mengumpulkan 32 peserta dan menilai tingkat kepercayaan yang mereka rasakan terhadap sosok digital yang mengenakan setelan bisnis yang sama dengan warna berbeda: merah, kuning, hijau, biru, ungu, oranye, kuning-hijau, biru-hijau, dan biru-ungu. 

Menurut penelitian, warna biru, diikuti biru-ungu, dianggap paling bisa dipercaya.

“Mereka yang mengenakan pakaian berwarna biru dan ungu mendapatkan evaluasi kepercayaan yang lebih tinggi,” tulis para peneliti.

Baca juga: Pilihan Warna Bisa Menunjukkan Kepribadianmu, Coba Buktikan

Biru sering dikaitkan dengan sifat-sifat positif

David Lee, pakar warna dan desainer interior ritel, mengatakan bahwa warna seperti biru dan ungu cenderung membuat orang lain melihat kita lebih dapat dipercaya karena ada "asosiasi positif" dengan warna tersebut. 

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com