Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Pasanganmu Kecil Kemungkinannya untuk Selingkuh

Kompas.com - 28/02/2024, 15:25 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Selingkuh adalah salah satu tindakan yang bisa mengancam suatu hubungan, karena menghancurkan kepercayaan, menimbulkan kegelisahan, dan sering kali tidak dapat dimaafkan. 

Jadi, ketika memilih pasangan, masuk akal jika banyak orang mencari tanda-tanda apakah orang yang dipilihnya punya kecenderungan selingkuh

Namun daripada mencari tanda-tanda selingkuh, lebih baik carilah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa pasangan bukan tipe yang akan selingkuh, melainkan akan selalu setia.

 Baca juga: Beda Alasan Laki-laki dan Perempuan Selingkuh, Seperti Apa?

Tanda orang yang tidak akan selingkuh dalam hubungan

1. Mereka membiarkan gadgetnya bisa diakses

Menurut pekerja sosial klinis Steve Carleton, orang yang menyimpan suatu rahasia lebih mungkin melindungi gadgetnya, baik dengan menyembunyikannya atau menggunakan langkah-langkah keamanan seperti kata sandi yang susa ditebak, teknologi sidik jari, dan aplikasi terenkripsi. Jika pasanganmu tidak memiliki kecenderungan selingkuh, dia mungkin lebih santai.

“Orang yang tidak menyembunyikan apa pun cenderung lebih santai dalam menggunakan ponselnya dan tidak khawatir jika pasangan mengakses informasi di dalamnya,” jelas Carleton. "Jika pasangannya meminjam ponsel misalnyanya, mereka mereka akan memberikannya tanpa ragu-ragu."

2. Mereka tidak memiliki kisah selingkuh

Jika seseorang tidak pernah selingkuh di masa lalu, kecil kemungkinannya dia melakukannya di masa depan. “Hal ini karena perilaku seseorang di masa lalu sering kali merupakan prediktor yang sangat baik untuk perilaku di masa depan, terutama soal integritas,” kata Marley Howard, terapis pernikahan dan keluarga.

Namun perlu dicatat bahwa kita tidak akan pernah tahu pasti. “Perilaku dan keadaan masyarakat berubah seiring berjalannya waktu, dan banyak alasan yang mungkin menyebabkan perselingkuhan,” tambah Howard.

Baca juga: 11 Tanda Tak Terduga Pasangan Selingkuh

Ilustrasi Pasangan. DOK. Freepik.com Ilustrasi Pasangan.

3. Kalian memiliki keintiman emosional 

Hubungan juga ikut berperan. Jika solid, selingkuh mungkin tidak akan pernah terjadi.

“Pasangan yang telah membangun hubungan emosional yang kuat lebih mungkin merasa puas dalam hubungan tersebut, yang dapat membantu mereka menahan godaan untuk mencari orang lain,” kata Carleton, yang menambahkan bahwa hal utama yang harus dicari adalah keintiman emosional.

“Tanda-tanda keintiman emosional antara lain mampu mengungkapkan perasaan dan pikiran secara terbuka, mampu membicarakan perbedaan pendapat tanpa argumen, serta merasa nyaman dan aman dalam hubungan,” jelas Carleton. 

“Memiliki keintiman emosional juga berarti setiap orang merasa diterima satu sama lain dan tidak takut dihakimi atau dikritik.”

Pasangan sepeti ini umumnya bisa berbagi kerentanan, kepercayaan, dan pengertian. Jika mereka merasa ada yang tidak beres dalam hubungan mereka, mereka akan mengomunikasikannya secara terbuka.

4. Mereka memberi waktu dan tenaga dalam hubungan 

Menurut Deborah Gilman, PhD, pemilik dan kepala psikolog berlisensi di Fox Chapel Psychological Services, adalah pertanda baik ketika pasangan secara aktif menginvestasikan waktu dan upaya untuk membina hubungan.

“Mereka memprioritaskan menghabiskan waktu berkualitas bersama, terlibat dalam percakapan bermakna, dan menciptakan pengalaman bersama yang memperdalam ikatan dan koneksi,” katanya.

Pasangan dengan nilai, keyakinan, dan tujuan yang sama cenderung lebih fokus pada komitmen hubungan jangka panjang. “Fondasi bersama ini menciptakan rasa persatuan dan saling pengertian, mengurangi kemungkinan mencari kepuasan di luar hubungan,” tambah Gilman.

Baca juga: 8 Alasan Wanita Selingkuh, Menurut Para Ahli

Ilustrasi selfie bersama pasangan.FREEPIK/DROBOTDEAN Ilustrasi selfie bersama pasangan.

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com