Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Posisi Tidur Terhadap Hubunganmu dengan Pasangan

Kompas.com - 03/03/2024, 17:00 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Dari sudut pandang evolusi, tidur adalah salah satu hal paling rentan yang kita lakukan. Karena tidur di samping seseorang pada dasarnya merupakan tindakan kepercayaan, cara kamu tidur di samping pasangan dapat memberikan gambaran tentang dinamika hubungan kalian. 

Para ahli mengatakan bahwa posisi tidur dapat mengirimkan berbagai sinyal tentang perasaan terhadap satu sama lain, prioritasmu sebagai pasangan, dan kekuatan ikatan kalian. 

Arti posisi tidur terhadap hubungan

Saling berhadapan

Ilustrasi tidur dengan pasangan Ilustrasi tidur dengan pasangan
Posisi tidur berhadapan satu sama lain menunjukkan keterbukaan emosional. Hal ini terutama berlaku jika kalian menghabiskan waktu sebelum tidur untuk mengobrol.

“Pasangan yang tidur saling berhadapan sering kali memiliki hubungan dekat dan intim. Mereka percaya satu sama lain,” kata Amy Braun, LCPC, konselor profesional klinis kepada Best Life. 

Posisi ini menunjukkan kedekatan emosional dan fisik, karena memungkinkan terjadinya kontak mata dan komunikasi yang mudah. ??Ini menunjukkan ikatan emosional yang kuat dan keinginan untuk tetap terhubung.

Baca juga: Posisi Tidur Mencerminkan Kepribadian, yang Manakah Posisi Tidurmu?

Saling membelakangi satu sama lain

Ilustrasi tidur dengan pasangan Ilustrasi tidur dengan pasangan
Ketika pasangan menghadap ke sisi luar tempat tidur dan membelakangi satu sama lain, hal ini terkadang menandakan tingkat keintiman atau keterhubungan yang rendah. “Adalah hal yang lumrah bagi pasangan untuk tidur dengan posisi ini, terutama jika mereka sedang bertengkar,” kata Braun.

Namun, dia dengan cepat menambahkan bahwa tidur dalam posisi ini tidak berarti bahwa hubungan sedang menuju ke arah yang buruk, karena masih banyak faktor lain yang mungkin berperan.

“Tidur dengan posisi membelakangi satu sama lain dapat menunjukkan keinginan akan ruang pribadi dan kemandirian,” jelas konselor. "Bisa juga tidak ada yang salah dalam hubungan tersebut, mereka hanya membutuhkan ruang saat berbagi tempat tidur."

Dalam posisi spooning

Ilustrasi tidurLightFieldStudios Ilustrasi tidur
Ketika pasangan tidur dalam posisi spooning, mereka beristirahat menghadap ke arah yang sama dan menempel. "Ini adalah gaya yang sangat penuh kasih sayang, menunjukkan keintiman dan kenyamanan, serta isyarat melindungi dalam suatu hubungan," kata Braun.

Namun, hal ini juga dapat menunjukkan ketidakseimbangan kekuatan karena kedua orang dalam posisi tersebut memiliki peran yang berbeda. “Pasangan yang berada di luar sering kali mengambil peran pelindung, sedangkan yang berada di dalam mungkin mencari rasa aman,” jelas Braun.

Baca juga: Mengenal Spooning, Pelukan yang Dongkrak Keintiman Pasangan

Tidur di dada pasangannya

Ilustrasi tidur dengan pasangan Ilustrasi tidur dengan pasangan
Jika kamu tidur di dada pasangan (atau sebaliknya), ini menandakan rasa romantis dan kepuasan yang mendalam dalam hubungan. Hal ini sering dikaitkan dengan "fase bulan madu" dalam suatu hubungan, yang terjadi pada bulan-bulan atau tahun-tahun awal hubungan.

"Posisi ini bisa menandakan kepercayaan dan kenyamanan. Pasangan yang bersandar di dada mencari ketenangan dan keamanan emosional, sedangkan pasangan di bawahnya sering kali berperan sebagai pelindung," jelas Dominique Rice, PhD, IMFT-S, terapis seks holistik di The Seni Cinta dan Keintiman.

Berpelukan

Ilustrasi tidur dengan pasangan Ilustrasi tidur dengan pasangan
Tidur berpelukan dengan pasangan sering kali menandakan "hubungan yang dalam dan penuh gairah," jelas Braun. "Ini menunjukkan keinginan kuat untuk dekat secara fisik dan emosional. Posisi ini sering kali menunjukkan ikatan romantis yang kuat dan rasa persatuan."

Grant Lewis, pendiri Dream HQ, mengatakan posisi tidur ini lebih umum terjadi ketika emosi sedang tinggi. "Biasanya ini merupakan tanda hubungan bergairah atau sedang jatuh cinta."

Baca juga: Posisi Tidur Bisa Ungkap Kepribadian, Kamu yang Mana?

Keduanya tidur tengkurap

Kebiasaan tidur tengkurap bisa menjadi salah satu penyebab payudara kendur jika dilakukan terlalu sering.SHUTTERSTOCK Kebiasaan tidur tengkurap bisa menjadi salah satu penyebab payudara kendur jika dilakukan terlalu sering.
Ketika kedua orang tidur tengkurap, hal ini sering kali berdampak pada kenyamanan fisik, kata para ahli. Namun, posisi itu juga dapat menunjukkan bahwa pasangan menghargai kemandirian dan menghormati kebutuhan pribadi mereka.

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com