Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Glow Up dalam 30 Hari? Simak 12 Tips Berikut 

Kompas.com - 03/04/2024, 11:45 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Istilah glow up kerap kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Glow up berasal dari bahasa Inggris yang berarti bersinar, mengacu pada perubahan penampilan fisik, utamanya wajah yang lebih baik dari sebelumnya. 

Namun belakangan, istilah glow up diartikan lebih luas melibatkan aspek kesehatan mental, emosional, dan bahkan kesehatan finansial yang lebih baik. 

Baca juga:

Ada sejumlah tips yang membantu kamu glow up dalam 30 hari, sebagai berikut dilansir dari Clever Girls Finance dan What’s Good. 

1. Hidrasi cukup 

Dimulai dengan membuat penampilan fisik glow up dengan cara menjaga tubuh terhidrasi dengan cukup. Hidrasi adalah kunci cara membuat wajah glowing, karena dapat membuang racun dalam tubuh. 

Minimal minum 3,7 liter sehari dalam seminggu, dan lihatlah hasilnya. Mulailah dengan mengisi botol berukuran 1 liter, setiap hari. Lalu, usahakan untuk minum empat botol sepanjang hari, dengan cara mengisi ulang saat habis. 

2. Makan buah dan sayur 

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa buah-buahan dan sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain itu, buah-buahan dan sayuran dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

Kelompok makanan tersebut juga membantu menunrunkan berat badan. Jadi, kombinasi wajah glowing dan berat badan turun, dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri. 

3. Kurangi kafein 

Mengurangi kafein akan membantumu tampil glow up dalam 30 hari. Konsumsi kafein terlalu banyak, berpotensi menimbulkan masalah kesehatan. 

Selain itu, kafein menimbulkan sejumlah efek seperti perasaan gelisah, sulit tidur, dan sebagainya. Mengurangi konsumsi kafein juga dapat membantu kamu berhemat dan mengalokasikan dana untuk kepentingan lainnya.

4. Tidur berkualitas 

Tidur berkualitas juga membantu penampilan fisik semakin glowing. Sebab, tidur berkualitas mempunyai banyak manfaat seperti meningkatkan kekebalan tubuh, membantu menjaga berat badan ideal, mengurangi stres dan cemas, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan energi. 

Melansir WebMD dan Women’s Health dalam Kompas.com (11/27/2022), tidur adalah waktu terbaik bagi kulit untuk memproduksi kolagen, yang befungsi untuk memperkuat elastisitas kulit dan membuatnya terlihat muda. 

5. Olahraga 

Olahraga merupakan syarat utama jika ingin glow up. Selain membuat kulit lebih glowing, olahraga secara rutin dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. 

Kamu bisa memilih jenis olahraga seperti kardio, HIIT, yoga, pilates, jogging, dan sebagainya. Olahraga juga dapat mengatur kadar insulin dan mengontrol berat badan.

Manfaat lain dari rutin berolahraga adalah meningkatkan kesehatan mental dan menghasilkan suasana hati yang lebih baik. Sebab, olahraga dapat melepaskan hormon serotonin yang berperan dalam mengelola suasana hati. 

Baca juga:

6. Rutin menulis jurnal 

Menuliskan pemikiran kamu di atas kertas bisa menjadi kegiatan yang menenangkan serta mengurangi stres. Menulis jurnal juga dapat membantu menjernihkan pikiran, mengungkapkan rasa syukur, memecahkan masalah, dan menjadi kreatif.

Tidak perlu jurnal yang mahal, kamu bisa berkreasi dengan jurnal cantik dengan harga terjangkau. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com