Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kebiasaan yang Dapat Menambah Usia hingga 24 Tahun

Kompas.com - 22/05/2024, 20:20 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap orang tentu ingin hidup lebih lama dengan kualitas hidup yang baik.
Ternyata, ada kebiasaan-kebiasaan sederhana yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menambah usia hingga 24 tahun.

Penelitian baru yang dipresentasikan di Nutrition 2023, pertemuan tahunan American Society for Nutrition, mengamati kebiasaan hidup hampir 720.000 veteran militer berusia 40 hingga 99 tahun.

Semua peserta adalah bagian dari Million Veteran Program, studi jangka panjang yang meneliti kesehatan veteran di Amerika Serikat.

Studi ini mengungkapkan bahwa pria berusia 40 tahun yang menambahkan satu kebiasaan sehat dalam rutinitasnya memperpanjang hidupnya 4,5 tahun. Menambahkan kebiasaan sehat kedua memperpanjang hidupnya tujuh tahun. Dan menambahkan tiga kebiasaan sehat memperpanjang hidupnya 8,6 tahun.

Intinya, semakin banyak kebiasaan sehat yang ditambahkan, semakin lama seseorang bisa hidup, hingga hampir 25 tahun lebih lama.

Baca juga: 6 Rahasia Panjang Umur yang Harus Kita Ketahui

8 kebiasaan yang dapat menambah usia  24 tahun

Lalu apa sajakah kebiasaan untuk menambah usia agar panjang umur?

1. Rajin berolahraga

Olahraga teratur adalah kunci utama untuk hidup lebih lama. Aktivitas fisik tidak hanya membantu menjaga berat badan ideal, tetapi juga meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat otot dan tulang, serta meningkatkan mood.

Kita tidak perlu melakukan olahraga berat; jalan kaki, bersepeda, atau yoga sudah cukup untuk memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan.

2. Jauhi obat-obatan terlarang

Menghindari penggunaan obat-obatan terlarang, terutama opioid, sangat penting untuk kesehatan jangka panjang. Penyalahgunaan opioid dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, termasuk overdosis yang fatal. Pilihlah metode pengelolaan nyeri yang lebih aman dan berbicaralah dengan profesional kesehatan jika memerlukan bantuan.

3. Hidup bebas tembakau

Merokok adalah salah satu penyebab utama berbagai penyakit mematikan seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, dan stroke. Menghentikan kebiasaan merokok dapat secara signifikan meningkatkan kualitas hidup dan menambah tahun-tahun berharga dalam hidup kita. Jika kesulitan berhenti merokok, banyak program dan dukungan yang tersedia untuk membantu.

Baca juga: Kebiasaan Tidur yang Bisa Membantu Mendapatkan Panjang Umur

4. Kelola stres dengan baik

Stres yang tidak terkelola dapat memicu berbagai penyakit kronis, termasuk hipertensi dan penyakit jantung. Temukan cara-cara efektif untuk mengelola stres, seperti meditasi, olahraga, atau berbicara dengan seseorang yang kamu percayai. Mengambil waktu untuk diri sendiri dan melakukan aktivitas yang kamu nikmati juga sangat membantu.

5. Konsumsi makanan dari tumbuhan

Mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Diet berbasis tumbuhan kaya akan nutrisi penting, serat, dan antioksidan yang membantu melawan penyakit dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Cobalah untuk mengurangi konsumsi daging merah dan makanan olahan yang tinggi lemak dan gula.

Baca juga: Bagaimana Diet Meniru Puasa Bisa Membuat Panjang Umur

6. Kontrol konsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan dapat merusak organ vital seperti hati dan meningkatkan risiko berbagai penyakit. Batas aman konsumsi alkohol adalah satu gelas per hari untuk wanita dan dua gelas per hari untuk pria. Mematuhi batasan ini dapat membantu menjaga kesehatan dan menghindari risiko yang tidak perlu.

7. Cukupi kebutuhan tidur

Tidur yang cukup adalah faktor penting untuk kesehatan yang optimal. Kurang tidur dapat mempengaruhi fungsi otak, meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Usahakan untuk tidur 7-8 jam setiap malam dan ciptakan rutinitas tidur yang konsisten agar tubuh mendapatkan istirahat yang dibutuhkan.

8. Bangun hubungan yang sehat

Hubungan sosial yang positif dapat memperpanjang usia. Studi menunjukkan bahwa dukungan sosial yang baik dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. Luangkan waktu untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga, serta bangun hubungan yang mendukung dan saling menguatkan.

Baca juga: 9 Aturan agar Bisa Panjang Umur

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com