Aroma, Kunci Meluluhkan Hati Wanita - Kompas.com

Aroma, Kunci Meluluhkan Hati Wanita

Ariska Puspita Anggraini
Kompas.com - 08/01/2018, 12:12 WIB
Ilustrasi mencium aroma pakaian Ilustrasi mencium aroma pakaian

KOMPAS.com - Riset terbaru dari University of British Columbia yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menyatakan bahwa aroma adalah pembangkit gairah wanita yang ampuh.

Sementara itu, periset psikologi dari Canadian Institution menemukan bahwa wanita mengalami penurunan kortisol atau hormon pemicu stres setelah mencium pakaian yang telah dikenakan pasangannya. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 96 pasangan.

Karenanya tidak heran banyak wanita yang memakai pakaian pasangannya atau tidur di sisi kasur dimana pasangan mereka biasa tidur saat pasangan mereka tak ada di rumah.

"Tapi, mungkin mereka tidak menyadari mengapa mereka melakukan hal itu," kata Marlise Hofer, pemimpin riset tersebut.

Wanita dipilih sebagai subjek dalam riset ini karena diyakini memiliki indera penciuman yang lebih kuat. Mereka tidak diberi tahu apakah baju yang mereka kenakan itu adalah milik pasangan mereka sebelum menjalani tes.

Hasil riset menunjukan bahwa wanita yang mengenali aroma pasangannya sebelum melakukan tes merasa lebih rileks. Sementara wanita yang mencium pakaian orang lain mengalami peningkatan stres.

"Sejak kecil, manusia takut pada orang asing, terutama pria aneh. Jadi, ada kemungkinan aroma aneh pria memicu respons 'hadapi atau hindari' yang menyebabkan kortisol meningkat," ucap Marlisa Hofer.

Menurut Fran Walfish, seorang psikoterapis selebriti Beverly Hills, hal ini serupa dengan hubungan yang dimiliki antara bayi dengan mainan boneka atau dot yang disukainya.

"Saat merasa tertekan, pakaian dari pasangan akan menjadi objek peralihan dan sumber kenyamanan dan menenangkan," ucapnya.

Frans Walfish sendiri juga suka memeluk pakaian milik mantan kekasihnya yang disimpan di lemarinya saat dia merasa stres.

Selain mencium aroma pakaian kekasih, ada beberapa cara yang juga ampuh menangkal stres. Cara ini pun bahkan bisa diterapkan bagi mereka yang belum memiliki kekasih. Berikut cara menangkal stres.

Baca juga : Aturan Menggunakan Wewangian

1. Istirahat yang cukup

Tidur setidaknya 7 jam setiap malam. Franc Walfish merekomendasikan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari agar ritme tubuh menjadi teratur.

"Setelah makan malam, redupkan lampu, nyalakan musik yang menenangkan dan mandi air hangat yang menyejukkan," saran Frans Wallfish.

Selain saran tersebut, hindarilah menggunakan ponsel atau komputer karena aktivitas tersebut cenderung meningkatkan kecemasan daripada perasaans antai.

2. Pola makan yang benar

Frans Walfish menyarankan agar kita mengonsumsi makanan kaya magnesium seperti pisang dan biji labu untuk menurunkan kadar kortisol. Menurut Frans Walfish, makanan kaya magnesium membantu melemaskan otot dan mengurangi rasa sakit.

Dia juga menyarankan untuk memilih makanan yang memiliki triptofan tingkat tinggi yang membantu meningkatkan serotonin atau hormon pengaturan mood.

"Meningkatkan hormon serotonin bisa dilakukan secara alami dengan makanan tertentu, seperti ikan, biji-bijian, kacang almond dan telur, sehingga Anda bisa menggunakannya di makan malam untuk membantu Anda tidur," ucapnya.

3. Berkomunikasi intensif dengan teman atau pasangan

Hubungilah teman atau pasangan secara intensif. Bahkan, jika itu hanya mengirim hal sederhana seperti emoji hati lewat aplikasi whatsapp. Tetap berhubungan dengan orang-orang yang mendukung adalah cara efektif pengusir stres.

"Temukan seseorang bersama Anda untuk berhubungan secara kontinu. Seseorang yang tidak hanya mengkritik tetapi juga menerima kekurangan Anda," ucap Frans Walfish.

PenulisAriska Puspita Anggraini
EditorWisnubrata
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM