Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2019, 08:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Seperti pepatah tentang apel : Jalan kaki 30 menit sehari dapat menjauhkan kita dari dokter.

Manfaat dari kegiatan fisik yang tidak terlalu berat ini memang banyak, mulai dari membantu menurunkan berat badan dan mengurangi stres, hingga menurunkan tekanan darah.

Menurut dokter Melina B. Jampolis, penulis buku The Doctor on Demand Diet, berjalan kaki 30 menit sehari yang dilakukan secara teratur merupakan salah satu hal terbaik dan mudah yang bisa kita lakukan untuk kesehatan tubuh.

“Berjalan adalah olahraga nomor satu yang saya sarankan untuk sebagian besar pasien saya karena itu paling mudah untuk dilakukan. Tidak memerlukan apapun kecuali sepasang sepatu tenis,” katanya.

Yuk, simak apa saja manfaat hebat dari rutinitas jalan kaki setiap hari, minimal 30 menit.

Memperbaiki mood

Sebagian orang butuh sebatang coklat atau semangkuk mi kuah untuk memperbaiki hari yang buruk. Berjalan kaki merupakan alternatif yang lebih sehat karena efeknya sama tapi kalori yang masuk nol.

Jampolis mengatakan, penelitian menunjukkan jalan kaki memodifikasi sistem saraf sehingga bisa menurunkan emosi kemarahan dan permusuhan. Apalagi, jika kita berjalan dengan pasangan, tetangga, atau sahabat, interaksi sosial bisa membantu hubungan semakin erat dan meningkatkan suasana hati.

Baca juga: Ups, Bad Mood Ternyata Bisa Menular

Meningkatkan Kreativitas

Menurut sebuah studi tahun 2004 di Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition, berjalan bisa meningkatkan keativitas.

Para peneliti melakukan tes berpikir kepada dua subjek: orang yang sambil duduk dan orang yang sambil berjalan. Hasilnya para pejalan kaki lebih kreatif.

Membakar kalori 

Hal ini merupakan manfaat yang mebahagiakan bagi orang-orang yang biasa berjalan kaki secara teratur setiap hari.

Jalan kaki juga bisa membantu meningkatkan respon tubuh terhadap insulin yang dapat membantu mengurangi lemak pada perut.

Ariel Lasevoli, pelatih pribadi di pusat kebugaran Crunch di New York City, menjelaskan berjalan kaki setiap hari dapat meningkatkan metabolisme dengan membakar kalori ekstra dan mencegah keram otot seiring bertambahnya usia.

Baca juga: Jalan Kaki yang Tepat dan Pengaruhnya bagi Kesehatan

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com