Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Replica Mercedes-Benz Garapan Virgil Abloh Dilelang Rp 2,3 Miliar

Kompas.com - 05/10/2020, 05:35 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bulan Juli lalu, desainer Virgil Abloh mengumumkan kolaborasi dengan Mercedes-Benz bertajuk "Project Gelandewagen".

Salah satu hasil kolaborasi berupa model artistik dari seri mobil G-Class Mercedes-Benz dengan skala 1:3 itu, baru saja terjual di rumah pelelangan Sotheby's.

Hasil dari lelang proyek kolaborasi Abloh dan pabrikan otomotif Jerman tersebut --sebesar 160.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,3 miliar, akan disumbangkan ke badan amal.

Model berskala 1:3 dari Project Gelandewagen memiliki ukuran 189 cm x 94,9 cm x 78,9 cm.

Baca juga: Mengintip Mercedes-Benz G-Class yang Didesain oleh Virgil Abloh

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan model ini antara lain resin sintetis, laminasi, serat karbon, serat kaca, kayu, logam, dan tekstil.

Perlu diketahui, Virgil Abloh dan Mercedes-Benz hanya membuat model ini sebanyak satu buah.

Keduanya berkomitmen untuk menyumbangkan hasil dari penjualan model "Project Gelandewagen" kepada lembaga amal milik sang desainer, yaitu "Post-Modern" Scholarship Fund.

Abloh mengaku jika dirinya tergerak untuk mendukung seni dan komunitas kreatif internasional di masa-masa yang tidak pasti seperti saat ini.

"Post-Modern" Scholarship Fund didirikan awal tahun 2020, dan mendukung mahasiswa yang merupakan orang berkulit hitam, Afrika, atau keturunan Afrika-Amerika.

Baca juga: Virgil Abloh Bantah Tuduhan Menjiplak Karya Perancang Busana Belgia

Bagi Abloh, penggambaran model artistik Mercedes-Benz G-Class bertujuan untuk menembus batasan akan desain mewah dan menginspirasi talenta muda.

"Tujuan akhir saya dalam proyek ini dengan Mercedes-Benz yaitu menginspirasi seniman, insinyur, dan desainer muda, di samping melakukan eksperimen pada kemampuan desain saya," ujarnya.

"Mercedes-Benz mewakili kemewahan dan performa luar biasa. Sungguh medium yang sempurna untuk memasukkan ide seniman modern terkait gaya di masa depan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com