Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menyimpan Alpukat agar Tetap Segar dan Bertahan Lebih Lama

Kompas.com - 07/06/2022, 12:06 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Alpukat adalah buah yang dikenal mudah berubah. Dalam beberapa hari setelah dibeli, alpukat akan matang dan sangat baik untuk dinikmati.

Tapi buah ini juga bisa menjadi terlalu matang dengan cepat sehingga busuk dan harus  dibuang.

Selain membuat kita jadi mengeluarkan uang lebih banyak, hal ini juga berkontribusi pada pemborosan makanan.

Meskipun tidak ada cara ajaib yang dapat memberi petunjuk kapan alpukat matang sempurna, namun ada beberapa trik yang dapat kita gunakan untuk menyiasatinya.

Langkah-langkah yang dapat kita ambil ini juga dapat memastikan alpukat kita tetap segar, serta bisa bertahan cukup lama untuk diolah menjadi berbagai hidangan.

Baca juga: Buah Alpukat Bisa Disimpan di Dalam Kulkas, asalkan...

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak tips menyimpan alpukat agar tetap segar dan bertahan lebih lama, seperti berikut ini.

Menyimpan alpukat utuh

Jika kita membeli alpukat mentah dan ingin menikmatinya saat matang sempurna, maka cara terbaik untuk menyimpan buah ini adalah dengan membiarkannya utuh dan letakkan di atas meja, jauh dari buah dan sayuran lainnya.

Alpukat mentah biasanya akan bertahan di atas meja selama empat hingga lima hari. Namun, karena proses pematangan dipengaruhi beberapa hal, penting untuk memeriksa kematangannya setiap hari.

Alpukat matang biasanya akan terasa keras saat kita memegangnya dari ujung jari dan memiliki kulit berwarna hijau tua hingga hitam dengan tekstur bergelombang.

Apabila alpukat kita sudah matang, maka kita dapat meletakkannya di kulkas untuk tetap menjaga kesegarannya selama beberapa hari, tergantung pada tingkat kematangannya.

Saat meletakkan alpukat di kulkas, yang terbaik adalah menyimpannya dalam wadah penyimpanan makanan kedap udara atau di laci bahan makanan yang terdapat di dalam kulkas.

Tetapi, jika kita mencampur alpukat bersama buah-buahan lain seperti pisang atau apel, gas etilen dari buah-buahan ini akan mempercepat proses pematangan, jadi sering-seringlah memeriksanya.

Baca juga: 5 Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Pas Kematangannya

Ilustrasi alpukat, buah alpukat, alpukat mentega. SHUTTERSTOCK/TYASINDAYANTI Ilustrasi alpukat, buah alpukat, alpukat mentega.
Menyimpan alpukat yang telah dipotong

Terkadang kita tergiur membeli alpukat dalam jumlah banyak namun kita tidak bisa memakan semuanya.

Untungnya, ada beberapa cara untuk menyimpan potongan alpukat sehingga bisa bertahan (sedikit) lebih lama.

Jika alpukat sudah dipotong dadu atau dihaluskan, tindakan terbaik yang perlu dilakukan adalah dengan mengambil wadah penyimpanan makanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com