Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Alami Redakan Sakit Perut dengan Cepat di Rumah

Kompas.com - 12/06/2023, 11:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap orang pasti pernah mengalami sakit perut yang menimbulkan ketidaknyamanan sehingga wajar saja jika kita ingin segera meredakannya.

Beberapa penyebab sakit perut bisa terjadi dalam berbagai bentuk seperti adanya gas berlebih di dalam perut, alergi makanan, sembelit, maag, hingga kram akibat menstruasi.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli obat-obatan yang dijual bebas (OTC), kita mungkin perlu mempertimbangkan beberapa pengobatan rumahan yang dapat membantu meringankan sakit perut dalam hitungan menit tanpa menggunakan obat.

Cara alami redakan sakit perut dengan cepat

Dilansir dari laman Very Well Health, berikut adalah beberapa cara alami yang sangat berguna untuk meredakan sakit perut dengan cepat di rumah.

1. Jahe

Jahe (Zingiber officinale) adalah akar wangi yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati sakit perut, mual, dan muntah.

Jahe tersedia dalam bentuk ekstrak, tincture, tablet hisap, suplemen, dan teh, tetapi juga dapat digunakan secara mentah untuk meredakan gejala pencernaan.

Beberapa orang akan menggunakan rimpang mentah untuk membuat teh jahe, sementara yang lain mengunyah irisan jahe segar yang sudah dikupas untuk membantu meredakan mual.

Ada juga yang berpendapat bahwa minuman dari jahe seperti ginger ale dapat membantu mendorong sendawa jika kita mengalami gangguan pencernaan dan yang lain menggunakannya untuk meredakan sakit perut.

Efek samping, seperti heartburn atau diare, dapat terjadi tetapi biasanya ringan.

Meskipun secara umum dianggap aman, jahe juga dapat meningkatkan risiko pendarahan dan mudah memar jika kita mengonsumsi antikoagulan (pengencer darah) seperti warfarin.

Baca juga: Mengecilkan Perut Buncit dengan Jahe, Bisa Efektif?

2. Teh chamomile

Teh chamomile, sejenis minuman yang berasal dari ramuan chamomile, dapat membantu mengobati sakit perut.

Dua spesies yang disebut Matricaria recutita dan Anthemis nobilis biasanya digunakan untuk hal ini.

Chamomile memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meringankan kondisi seperti gastritis, gastroenteritis, GERD, dan iritasi usus (IBS) yang ditandai dengan peradangan.

Chamomile juga mengandung senyawa nabati yang dikenal sebagai polifenol yang dianggap dapat merelaksasi sistem pencernaan, meringankan gejala seperti gangguan pencernaan, kram menstruasi, dan muntah.

Baca juga: Benarkah Teh Chamomile Efektif Membantu Kita Tidur?

3. Peppermint

Keluarga mint, yang meliputi peppermint (Mentha × piperita), bisa sangat membantu untuk meredakan sakit perut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com