Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2023, 21:15 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Otak merupakan organ tubuh yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Dengan kondisi otak yang sehat, seseorang bukan hanya hidup produktif dan bahagia, tapi juga terhindar dari risiko demensia.

Otak adalah organ yang tidak dapat ditransplantasi atau diganti, jadi jagalah dengan baik.

Kita bisa menjaga kesehatan otak dengan berbagai cara. Misalnya dengan mempelajari bahasa baru, bermain catur atau menyusun puzzle, olahraga, tidur cukup, hingga mengasup makanan bernutrisi.

Chairman Herbalife Nutrition Institute, David Herber mengatakan, makanan bernutrisi yang dibutuhkan untuk otak adalah yang berdampak untuk meningkatkan ingatan, perhatian, dan suasana hati.

“Para ilmuwan gizi telah mencatat bahwa makanan yang kita konsumsi dapat memiliki efek yang jauh lebih kompleks pada suasana hati dan temperamen kita,” jelas David dalam siaran pers.

Baca juga: 5 Manfaat Makan Salmon untuk Kesehatan Otak hingga Jantung

Ia memberikan rekomendasi jenis makanan apa saja yang sebaiknya rutin dikonsumsi untuk menjaga kesehatan otak.

1. Minyak ikan
Jika ada satu makanan yang dapat dikaitkan dengan kesehatan otak, mungkin ini adalah makanan yang tepat. Alasannya adalah ikan berlemak - seperti ikan sarden, salmon, dan trout - memiliki kadar omega-3 yang tinggi.

"Selalu mintalah ikan hasil tangkapan laut," katanya.

Sekitar 60 persen otak terdiri dari lemak. Asam lemak omega-3 berantai panjang (EPA dan DHA) yang terdapat dalam ikan adalah jenis lemak yang tidak diproduksi dengan efisien oleh tubuh, sehingga harus mendapatkannya dari makanan. Asam lemak omega-3 juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Teh hitam dan teh hijau
Minuman teh selalu masuk dalam kelompok asupan bernutrisi bagi tubuh. Teh hitam dan teh hijau ternyata juga mendukung aktivitas antioksidan dalam tubuh, yang membantu melindungi dari kerusakan radikal bebas.

"Jangan langsung minum teh Anda, berikan waktu agar air dapat mengekstrak dan mengkonsentrasikan komponen teh sehingga Anda mendapatkan manfaat maksimal," saran David.

Baca juga: 4 Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan, Menurut Para Ahli

Ilustrasi buah alpukatUnsplash / Charles Deluvio Ilustrasi buah alpukat

3. Makanan mengandung lutein
Lutein adalah senyawa fitonutrien antioksidan berwarna kuning yang ditemukan dalam bayam, kubis dan alpukat, serta suplemen makanan untuk kesehatan mata.

Lutein terkonsentrasi di bagian belakang mata pada area yang disebut makula, yang paling terpapar sinar ultraviolet akibat fokus cahaya oleh lensa mata.

Mata terhubung dengan otak melalui saraf optik, dan lutein diangkut ke otak. Diketahui kandungan lutein di otak lebih tinggi daripada di dalam darah. Studi terbaru juga menunjukkan efek positif lutein pada fungsi otak.

Baca juga: Perhatikan, Tips Aman Menyimpan Alpukat

4. Cokelat hitam
Kandungan flavonoid dalam cokelat hitam (dark chocolate) yang tinggi menjadikannya sebagai panganan dengan kadar antioksidan kuat. Namun, selalu pilih produk cokelat hitam dengan kandungan kakao setidaknya 70 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com