Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2023, 07:56 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Sepasang sepatu olahraga Apple laku dijual di pelelangan seharga 50.000 dollar AS, atau setara Rp 751 juta.

Alas kaki berwarna putih itu tergolong langka karena dibuat khusus untuk karyawan perusahaan teknologi tersebut di tahun 1990-an.

Item tersebut juga diberikan sebagai giveaway dalam konferensi internal di periode tersebut sehingga tak pernah dijual ke publik.

Baca juga: 5 Detail Apple Watch Termahal di Dunia, Golden Concept Diamond Edition

Sepatu tersebut memiliki bagian atas berbahan kulit, didominasi warna putih dengan detail yang amat mencolok berupa logo Apple berwarna pelangi di kedua sisinya.

Desain tersebut menjadi salah satu ciri khas sekaligus daya tarik utamanya bagi para penggemar.

Adapun sepatu Apple yang laku di Sotheby's ini memiliki sejumlah cacat akibat penggunaan, termasuk warnanya yang menguning di sekitar sol tengah.

Kondisinya yang tidak sempurna ini nyatanya tidak menghalangi penggemar untuk berebut memilikinya.

Baca juga: Pengusaha Kanada Borong 99 Sepatu Langka Seharga Rp 11,8 Miliar

Bahkan, kalangan peretail menyebut sepatu olahraga ini sebagai salah satu yang paling tidak jelas keberadaannya karena kelangkaannya dan nilainya yang tinggi saat dijual kembali.

Senior Vice President Apple untuk pemasaran Phil Schiller berbicara tentang harga untuk iPhone baru saat pengumuman produk Apple di kampus Apple, 10 September 2013 di Cupertino, California.JUSTIN SULLIVAN / GETTY IMAGES / AFP Senior Vice President Apple untuk pemasaran Phil Schiller berbicara tentang harga untuk iPhone baru saat pengumuman produk Apple di kampus Apple, 10 September 2013 di Cupertino, California.
Seiring waktu, memorabilia Apple memang semakin meroket harganya.

Sejumlah gawai retro rilisan merek ini kini menjadi barang kolektor yang dijual dengan harga tinggi, meskipun tidak semuanya hits.

Ada konsol video game tradisional bernama Pippin yang harganya sangat mahal, jejaring sosial nahas bernama Ping, dan Newton MessagePad yang disebut sebagai produk gagal di pasaran.

Dalam pelelangan yang belum lama ini digelar di AS, edisi pertama iPhone 4GB yang belum pernah dibuka dari kemasannya laku terjual dengan harga 190.000 dollar AS, atau sekitar Rp 2,8 miliar.

Baca juga: Masih Segel Plastik, iPhone 4GB Generasi Pertama Terjual Rp 2,3 Miliar

Tak banyak yang tahu bahwa Apple bukan hanya merilis produk gawai, melainkan juga beberapa pakaian dan aksesori.

Ada lini pakaian koleksi Apple yang menggabungkan logo pelangi dan citra komputer Macintosh, termasuk t-shirt, polo shirt, sweater, dan topi.

Berbagai koleksi tersebut dimaksudkan untuk mempromosikan Apple dan menciptakan rasa kebersamaan meskipun saat itu tidak sukses besar dan dihentikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com