Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Sederhana yang Dapat Membantu Hidup Lebih Lama

Kompas.com - 28/08/2023, 11:29 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Insider

KOMPAS.com - Beberapa kebiasaan harian yang sederhana di dalam rumah ternyata dapat membantu memperpanjang umur kita.

Kebiasaan seperti mengerjakan tugas rumah tangga dan berkebun, misalnya, telah terbukti memiliki manfaat yang sama dengan olahraga.

Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan energi serta vitalitas.

Hal tersebut banyak dilakukan oleh penduduk yang tinggal di Zona Biru, tempat di mana orang-orang yang tinggal di sana memiliki usia terpanjang dan tersehat di dunia.

Selain itu, penduduk Zona Biru juga memiliki tingkat diabetes, penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya yang lebih rendah karena gaya hidup mereka yang lebih aktif.

Baca juga: 5 Kebiasaan Makan yang Bisa Membuat Hidup Lebih Lama, Apa Saja?

Cara sederhana untuk hidup lebih lama

Maka dari itu, untuk bisa hidup lebih lama, ada beberapa cara atau kebiasaan sederhana dari penduduk Zona Biru yang bisa kita ikuti sebagai berikut.

1. Lebih banyak bergerak

Penduduk Okinawa di Jepang adalah contoh klasik dari Zona Biru yang memiliki kemungkinan lebih besar daripada rata-rata untuk hidup lebih dari 100 tahun.

Fitur unik dari kehidupan sehari-hari di Okinawa adalah relatif sedikitnya jumlah perabot di dalam rumah.

Artinya, penduduk di sana sering duduk di atas tikar, dan pada akhirnya lebih banyak bergerak dan menggunakan otot dalam menjalani kehidupan mereka.

"Kami menemukan orang berusia 103 tahun yang naik dan turun sebanyak 30 kali dalam sehari. Itu seperti melakukan 30 kali squat," kata seorang penulis dan penjelajah National Geographic, Dan Buettner, seperti dikutip dari Insider.

"Mereka memperkuat otot inti dan tubuh bagian bawah. Mereka juga meningkatkan keseimbangan mereka," terangnya.

Jika ingin mendapatkan manfaat yang sama, pelatih pribadi juga merekomendasikan kita untuk melakukan beberapa latihan beban tubuh sederhana seperti squat, push-up, atau plank. Kemudian, beristirahatlah sejenak secara teratur.

Baca juga: 6 Cara Singkat dan Sederhana demi Meraih Umur Panjang

2. Membersihkan rumah

Menurut Buettner, di Zona Biru Nicoya, Kosta Rika, para penduduknya bisa berolahraga lebih baik daripada rata-rata orang yang berolahraga di gym hanya dengan melakukan tugas-tugas rumah tangga dengan tangan.

"Kegiatan seputar menjaga kebersihan rumah maupun mengumpulkan dan menyiapkan makanan, melibatkan gerakan bawah sadar yang pada akhirnya lebih banyak melakukan aktivitas fisik daripada 'olahraga'," ujarnya.

Bergerak sebagai bagian dari rutinitas harian juga dikenal sebagai thermogenesis aktivitas non-latihan (disingkat NEAT) dan ini menyumbang lebih banyak waktu kita dibandingkan dengan latihan di gym.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com