Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2023, 04:50 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Pernah dengar pepatah yang mengatakan sekali selingkuh, akan tetap berselingkuh? Istilah ini telah populer dalam budaya pop.

Namun, apakakah pepatah ini benar adanya? Apakah seseorang yang pernah terlibat dalam perselingkuhan secara otomatis akan mengulang perilaku tersebut?

Situasi di mana kita menemukan pasangan kita berselingkuh adalah momen yang sangat sulit dihadapi. Bahkan, ini bisa mengubah seluruh dinamika hidup kita.

Perselingkuhan dalam hubungan dapat menggoyahkan keyakinan kita dan menjadi salah satu peristiwa paling mengganggu dan membingungkan dalam hidup kita.

Namun, kenyataannya orang yang pernah terlibat dalam perselingkuhan memiliki kemungkinan lebih rendah untuk mengulangi tindakan serupa, terutama jika kejadian tersebut sudah lama terjadi dan telah banyak perubahan yang terjadi sejak saat itu.

Terdapat perbedaan antara perselingkuhan yang dilakukan secara impulsif, atau dalam keadaan emosional yang berlangsung dalam durasi yang panjang dan dilakukan dalam keadaan sadar.

Mereka yang berselingkuh secara impulsif, atau tanpa rencana, mungkin tidak akan mengulanginya.

Namun orang yang berselingkuh secara sadar, bisa jadi akan mengulangi karena ada emosi yang terlibat di sini.

Selain itu penting untuk melihat apakah seseorang yang berselingkuh merasakan penyesalan guna mengetahui apakah mereka cenderung mengulanginya atau tidak.

Baca juga: 8 Faktor yang Menyebabkan Pasangan Selingkuh

Biasanya mayoritas dari mereka yang berselingkuh akan merasa bersalah terhadap pasangan mereka. Bahkan, mereka akan merasa melanggar prinsip-prinsip moral pribadi mereka, walaupun pasangan mereka tak pernah mengetahui hal tersebut.

Mereka mungkin mengalami kesulitan dalam mengontrol diri, namun tetap merasa terbebani oleh dampak emosional dari tindakan tersebut.

Kesadaran moral ini memiliki peran utama dalam membatasi perselingkuhan dan berfungsi sebagai pendorong penting untuk proses pembelajaran dari pengalaman tersebut.

Namun seseorang yang memiliki sifat sosiopat tidak akan merasakan penyesalan atas tindakan mereka. Sehingga mereka akan memanfaatkan peluang-peluang lain yang akan muncul untuk berselingkuh kembali.

Ketika mengetahui bahwa pasangan kita tidak setia, kita harus membuat keputusan mengenai bagaimana merespons situasi ini. Seperti apakah kita akan tetap bertahan atau memilih untuk berpisah.

Namun penting untuk diingat agar tidak terburu-buru dalam membuat keputusan. Luangkanlah waktu untuk berpikir dengan cermat atas situasi tersebut.

Jika hal ini terjadi dalam hidup mu cobalah untuk melihat bagaimana reaksi pasangan mu dalam mengungkapkan situasi ini dan bagaimana cara mereka menangani diri sendiri setelahnya.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Apakah mereka dapat berempati dengan rasa sakit mu dan benar-benar meminta maaf karena telah menyebabkannya?
  • Apakah mereka dapat jujur kepadamu tentang apa yang telah mereka lakukan (meskipun kamu mungkin lebih baik tidak mengetahui semua detailnya)?
  • Dapatkah mereka mengakui pilihan yang mereka buat dan tidak menyalahkan orang lain?
  • Apakah mereka dapat memikirkan mengapa mereka melakukan perselingkuhan itu tanpa meledak-ledak atau menutup diri?
  • Apakah mereka memiliki keinginan untuk bertumbuh dari pengalaman ini?

Baca juga: Membongkar 6 Mitos tentang Selingkuh dari Perspektif Psikolog

Cara mereka menghadapi konsekuensi dari pengakuan tentang perselingkuhan tersebut dapat memberikan wawasan lebih lanjut dan dapat mengindikasikan perilaku di masa mendatang.

Kemungkinan bahwa mereka akan mengulangi perilaku tersebut atau tidak dapat terlihat dari cara mereka menangani situasi saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com