Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahan dan Produk Terbaik untuk Perawatan Kulit Anti-Aging

Kompas.com - 04/09/2023, 11:03 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam perjalanan menuju kulit yang sehat dan awet muda, pemilihan bahan-bahan perawatan kulit yang tepat dapat membuat perbedaan besar.

Tidak ada yang bisa menghentikan proses penuaan sepenuhnya, tetapi ada banyak bahan-bahan dalam perawatan kulit yang bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan menjaga kulit tetap sehat.

Lalu kapan kita bisa memulai perawatan anti-aging?

Tidak ada waktu terlambat untuk memulai rutinitas perawatan kulit anti-penuaan. Dimulai pada usia muda jauh lebih baik, sebelum tanda-tanda penuaan alami muncul pada kulit.

Tidak ada peraturan yang mengatakan kita tidak dapat memulai rutinitas anti-aging ketika berusia 30-an, 40-an, 50-an, atau bahkan setelahnya.

Meskipun kita mungkin tidak dapat menghapus semua kerusakan kulit yang telah terjadi selama bertahun-tahun, namun beberapa tanda penuaan dapat diperlambat

Tanda-tanda penuaan yang bisa dikurangi meliputi keriput dan garis-garis halus, bintik-bintik gelap atau hiperpigmentasi, kelopak mata yang menggelambir dan lingkaran hitam di bawah mata, kemerahan dan pembuluh darah yang rusak.

Baca juga: Memperlambat Penuaan Langsung ke Sumbernya

Produk perawatan kulit anti-aging terbaik

Pembersih yang lembut

Minimalnya, kita harus mencuci wajah sekurang-kurangnya satu kali sehari. Banyak orang akan merasakan manfaat ekstra dari melakukan rutinitas pembersihan pagi dan malam, tetapi jika tidak memiliki waktu, yang penting adalah membersihkan wajah setidaknya sekali sehari.

Saat kita melakukan pembersihan wajah, penting untuk menggunakan pembersih yang ringan dan lembut.

Kita juga tidak perlu menggosok wajah dengan kain kasar atau menggunakan pembersih yang terasa seperti menggosok pasir pada kulit. Tindakan semacam itu dapat mengiritasi kulit dan merusak pelindung alami kulit, yaitu lapisan luar yang menjaga kelembaban kulit.

Serum vitamin C

Vitamin C telah menjadi favorit dalam dunia perawatan kulit anti-aging.

Hal ini disebabkan oleh sifat antioksidan yang kuat dari vitamin C dan kemampuannya untuk merangsang produksi kolagen. Keduanya memiliki peran penting dalam membantu kulit melawan tanda-tanda penuaan.

Biasanya tubuh secara alami menghasilkan kolagen lebih sedikit seiring bertambahnya usia, yang berdampak pada kulit yang terlihat keriput, kendur, dan berkerut.

Vitamin C adalah salah satu faktor dalam sintesis kolagen, sehingga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen.

Sama seperti antioksidan yang kita dapatkan dari makanan seperti blueberry, vitamin C sebagai antioksidan membantu melawan radikal bebas yang merusak integritas kulit.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com