Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Manfaat Konsumsi Yogurt bagi Kesehatan, Termasuk Turunkan Kolesterol

Kompas.com - 13/09/2023, 17:15 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sarat akan nutrisi seperti protein, kalsium, dan probiotik, yogurt telah lama dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan.

Ada pun manfaat yang dirasakan oleh tubuh mulai dari meningkatkan kekuatan tulang dan kesehatan usus, hingga membantu mengontrol berat badan yang sehat.

"Konsumsi yogurt secara rutin juga terbukti dapat menurunkan faktor risiko penyakit kardiovaskular dan risiko diabetes, serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh," kata ahli gizi, Brooke Glazer, RDN.

Jadi, apabila kita adalah seorang pencinta yogurt, maka kita perlu secara konsisten memasukkannya ke dalam diet sehari-hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih optimal.

Baca juga: Apa Efek Samping Makan Yogurt Setiap Hari?

Manfaat konsumsi yogurt bagi kesehatan

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang potensi manfaat dan efek samping dari mengonsumsi yogurt setiap hari, para ahli pun menjelaskannya sebagai berikut.

1. Memberikan lebih banyak protein ke dalam tubuh

Yogurt, khususnya Greek yogurt atau skyr Islandia, bisa menjadi pilihan tepat untuk menambah protein dengan kadar gula dan lemak yang rendah.

Sebagai contoh, dengan mengonsumsi satu mangkuk Greek yogurt, kita bisa mendapatkan kurang lebih 14 gram protein.

Karena protein dapat membantu kita tetap kenyang dengan mengurangi hormon kelaparan dan meminimalkan rasa lapar, makanan berprotein tinggi seperti yogurt dapat menjadi pilihan yang ideal, baik untuk menu sarapan, camilan sore, hingga makan malam.

Agar tidak membosankan, kita juga bisa menambahkan buah, granola, atau kacang-kacangan ke dalam yogurt.

Baca juga: 7 Camilan Tinggi Protein yang Menyehatkan

2. Mendukung tekanan darah yang sehat

Menurut ahli gizi, Lisa Young, PhD, RDN, banyak penelitian menunjukkan yogurt baik untuk jantung dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Hypertension juga menemukan, konsumsi produk susu yang lebih tinggi — terutama yogurt susu — terkait dengan lebih sedikitnya kasus tekanan darah tinggi (hipertensi) pada orang dewasa.

Ilustrasi yogurt. PIXABAY/TERRI CNUDDE Ilustrasi yogurt.

Secara khusus, mengonsumsi lebih banyak yogurt dan mengikuti "Dash Diet" merupakan kombinasi yang dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi 30 persen lebih rendah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com