Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Kebugaran Jimin BTS, Salah Satunya Latihan CrossFit

Kompas.com - 20/09/2023, 10:37 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para penggemar BTS tentu telah lama menyadari bahwa Jimin, salah satu personelnya, memiliki tubuh ramping namun berotot. Apalagi ia kerap membuka kausnya dan memperlihatkan otot perutnya yang terpahat six pack.

Tentu selain karena Jimin berperan sebagai penari utama di grup septet tersebut, dia juga melakukan latihan dengan disiplin, penuh dedikasi, serta konsisten walau jadwalnya selalu padat.

Jimin selalu memiliki jadwal jogging atau melakukan latihan olah tubuh dengan intensitas tinggi, termasuk CrossFit, untuk membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuhnya. Latihan yang dilakukan Jimin ini cukup sederhana dan kita bahkan bisa mengikutinya tanpa perlu datang ke gym.

Baca juga: 5 Gaya Ikonik Jimin BTS yang Bikin Penggemar Meleleh

Jika ingin memulai latihan kebugaran seperti Jimin, inilah yang perlu kamu ketahui tentang rahasia kebugarannya!

Kardio

Tentu latihan kardio menjadi salah satu tips utama untuk menjaga kebugaran tubuh.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa anggota BTS berlatih kardio dengan melakukan sesi menari intens yang berlangsung hingga dua jam.

Menurut Kpop Starz, Jimin juga bersepeda dan berlari untuk berlatih kardio atau melaukan aerobik, yang merupakan salah satu komponen terpenting dalam setiap latihan untuk memompa darah. Latihan kardio yang benar akan menjaga daya tahan dengan meningkatkan detak jantung, laju pernapasan, dan sirkulasi darah.

Maka dari itu, jika kamu ingin tetap bugar dan membangun bentuk tubuh bebas lemak seperti Jimin, jangan lewatkan latihan kardio ya!

Baca juga: Manfaat Olahraga Kardio Rutin bagi Kesehatan

Latihan beban

Jika latihan kardio berhubungan dengan jantung dan peredaran darah, maka latihan beban lebih berpengaruh pada otot. Latihan ini relatif nyaman, berbiaya rendah, dan dapat disesuaikan untuk membangun kebugaran dan kekuatan secara keseluruhan.

Jimin sendiri secara rutin melakukan push-up, crunch, squat, dan wall pull-up yang dapat membantu meningkatkan daya tahan kardiovaskular dan kekuatan otot secara bersamaan.

Latihan ini juga meningkatkan kebugaran fungsional kita, stabilitas dan keseimbangan inti, fleksibilitas dan mobilitas, serta memudahkan kita melakukan latihan lain. Jadi jangan sampai kamu skip dalam melakukan latihan beban.

Baca juga: 6 Latihan Beban untuk Hilangkan Lemak dan Bangun Otot Perut

Latihan fisik bagian perut

Bukan hanya otot tangan dan kaki, otot perut pun berperan penting dalam meningkatkan kebugaran tubuh mengingat otot perut menjaga postur, menopang tulang belakang, menjaga keseimbangan, stabilitas, dan bahkan fungsi pernapasan.

Selain itu, jika kamu terus-menerus mengalami nyeri punggung bawah, percayalah bahwa latihan perut dapat memberimu fleksibilitas yang sangat dibutuhkan dan mengurangi kekakuan otot.

Latihan otot perut Jimin dilaporkan mencakup push-up pike, jumping jack, leg raise, dan push-up yang tidak hanya akan membantunya mendapatkan perut six pack tetapi juga membuat tugas sehari-harinya jauh lebih mudah dan efisien.

Latihan ini memang tidak terlihat secara langsung menargetkan otot perut, namun gerakannya akan memaksa otot-otot ini ikut bekerja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com