Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peragaan Busana dan Instalasi Fesyen Warnai Fashion Nation ke-17

Kompas.com - 23/09/2023, 14:09 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Merayakan ulang tahun yang ke-17, pusat perbelanjaan Mal Senayan City kembali menggelar serangkaian acara Fashion Nation yang berlangsung mulai dari tanggal 21-30 September 2023.

Fashion Nation ke-17 dibuka dengan peragaan busana yang menampilkan koleksi dari tiga desainer kenamaan Indonesia bertema "Diversestyle", yang sarat akan keberagaman budaya, gaya, dan kreativitas seni.

"Tiga desainer seperti Mel Ahyar, Rama Dauhan, dan Wilsen Willim berkesempatan untuk menampilkan karya terbaik mereka pada pembukaan gelaran fesyen ini."

Demikian penuturan Halina selaku Leasing & Marketing Director Senayan City dalam acara konferensi pers Fashion Nation ke-17 di Main Atrium Senayan City, Jakarta, Kamis (21/9/2023) lalu.

"Ketiga desainer ini menampilkan koleksinya yang ikonik, penuh warna, dan kekinian yang tentunya mampu menginspirasi para pencinta fesyen," terangnya.

Peragaan busana dari tiga desainer

Pada opening night, desainer Mel Ahyar menyajikan 15 koleksi Versecapades yang memadukan desain busana eksperimental dengan karya seni naif-ekspresif dari seniman lukis Erica Hestu.

Koleksi ini terinspirasi dari konsep surreal multiverse dalam film peraih Oscar, Everything Everywhere All at Once (2022), yang sangat kompleks namun sebenarnya kerap terjadi di dalam kehidupan sehari-hari.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Senayan City Mall (@senayancity)

Melalui gurat-gores lukisan Erica, Mel Ahyar pun meraciknya menjadi jaket, outer, hingga sepatu sesuai dengan ciri khasnya yang penuh volume, serta dihiasi ragam aneka bordir, sulam, print, dan doodle.

"Bagi beberapa orang mungkin terlihat merusak karya seni Erica, tapi semoga koleksi ini bisa menambahkan dimensi dalam lukisannya," kata Mel.

"Saya juga merasa senang karena bisa mempresentasikan ide cerita Versecapades bersama karya Erica yang sangat jujur dan karakter pada lukisannya yang detail, serta penuh warna," ujarnya.

Menemani Mel Ahyar, dua desainer Rama Dauhan dan Wilsen Willim juga turut menampilkan koleksi mereka yang tidak kalah apik.

Rama Dauhan membawa koleksi Harmoni yang mengemas cerita dari seniman Nabil Gharsallah dalam eksplorasi bordir, aksesori, dan print dengan flora dan fauna berwarna cerah.

Koleksi ini menjadi ide Rama yang ingin membuat sebuah karya seni menjadi lebih dekat dengan masyarakat lewat pakaian yang bisa dikenakan sehari-hari.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Senayan City Mall (@senayancity)

"Jadi waktu pertama kali melihat karyanya Nabil sih memang sangat catchy, sehingga untuk proyek kolaborasi ini memang dia orang yang tepat," ungkap Rama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com