Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kebiasaan Sehat yang Bantu Membakar Lemak dengan Efektif

Kompas.com - 25/09/2023, 11:13 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Yahoo

KOMPAS.com - Ada begitu banyak olahraga dan diet yang diklaim sebagai cara terbaik untuk membakar lemak.

Namun, tubuh setiap orang berbeda sehingga apa yang cocok untuk kita mungkin tidak cocok untuk orang lain.

Kendati demikian, dengan menerapkan kebiasaan atau pola hidup yang lebih sehat secara umum, nyatanya kita bisa menghilangkan lemak dan menurunkan berat badan.

Dikutip dari laman Yahoo, berikut adalah sejumlah kebiasaan sehat yang dapat diterapkan semua orang untuk membantu membakar lemak dengan lebih efektif.

1. Mendapatkan saran dari profesional

Untuk lebih memahami bagaimana fungsi tubuh kita, bicarakan dengan seorang profesional yang dapat membantu kita memahami manfaat kesehatan dan olahraga yang paling efektif untuk tipe tubuh kita.

"Ilmuwan olahraga mendefinisikan 'zona pembakaran lemak' seseorang sebagai tingkat latihan yang menjaga detak jantung sekitar 10 persen dari kecepatan tersebut," tulis The Washington Post.

Selain itu, mengetahui latihan apa yang cocok untuk kita juga dapat membantu proses pembakaran lemak berjalan dengan baik.

Beberapa rumah sakit atau bahkan pusat kebugaran biasanya menyediakan tes dengan biaya tertentu.

Baca juga: 8 Kebiasaan Sehari-hari yang Efektif Membakar Lemak di Perut

2. Olahraga secukupnya

Kita tidak akan membakar lebih banyak lemak dengan memaksakan diri. Penelitian menunjukkan, sesuatu yang sederhana seperti jalan cepat dapat membantu membakar kalori.

"Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan 150 menit aktivitas 'intensitas sedang' dan dua hari latihan kekuatan otot," demikian dilaporkan Deseret News sebelumnya.

Sementara itu, menurut Forbes Health, untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan kardio pembakar lemak, tentukan detak jantung maksimum kita dengan mengurangi usia dari 220.

Kisaran detak jantung pembakar lemak yang paling efektif tampaknya adalah sekitar 70 persen hingga 80 persen dari angka tersebut.

Dan seperti banyak variabel lain yang disajikan di sini, jumlah latihan kardio yang tepat untuk menghilangkan lemak akan berbeda dari satu orang ke orang lain.

3. Menghindari minuman manis

Minuman manis adalah salah satu penyebab meningkatnya penyakit kronis.

CDC mengatakan, orang yang sering mengonsumsi minuman manis lebih rentan terhadap masalah kesehatan, seperti kenaikan berat badan, obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, gigi berlubang, hingga asam urat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com