Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Penting Lindungi Mata Seiring Bertambahnya Usia

Kompas.com - 26/09/2023, 10:42 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber CNET

KOMPAS.com -  Seiring dengan bertambahnya jumlah lilin pada kue ulang tahun, maka semakin besar pula risiko terhadap kondisi dan penyakit, termasuk yang berhubungan dengan mata.

Namun, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata yang menua, berapa pun usia kita.

  • Kenali tingkat risiko

Mengetahui hal-hal apa saja yang memengaruhi penglihatan, dan cara mengidentifikasi gejalanya adalah salah satu kiat paling efektif untuk menjaga kesehatan mata.

Baca juga: Warna Lensa Sunglasses dan Pengaruhnya pada Mata

Jika kita bekerja dengan pekerjaan yang mengharuskan menatap layar komputer sepanjang hari, kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan kelelahan dan ketegangan mata.

Keadaan itu terkadang menyebabkan penglihatan kabur sementara.

Istirahatkan mata setidaknya setiap 20 menit, dan mempertimbangkan sepasang kacamata penghalang cahaya biru untuk digunakan saat bekerja, bisa menjadi pilihan.

Jika kita bekerja di luar ruangan di mana sinar matahari dapat merusak mata, atau di lokasi di mana benda-benda dapat mengenai mata, pastikan untuk mengenakan kacamata pelindung yang sesuai, dan tanggap terhadap cedera apa pun.

Dan jangan lupakan riwayat keluarga. Terdapat lebih dari 350 penyakit mata yang dianggap sebagai penyakit keturunan.

Meskipun kita tidak dapat mengubah genetika, namun dengan menyadarinya, kita dapat mengenali gejala-gejalanya atau mencari perawatan pencegahan.

  • Periksakan mata sesering mungkin

Pemeriksaan mata mungkin bukan hal yang paling kita nantikan, tetapi pemeriksaan mata seharusnya berada di urutan teratas dalam daftar hal-hal penting yang harus dilakukan seiring bertambahnya usia.

Apakah kita memiliki riwayat keluarga dengan masalah penglihatan atau tidak, pemeriksaan mata secara teratur dapat membantu mengidentifikasi masalah sejak dini sebelum menjadi sesuatu yang lebih parah.

American Academy of Ophthalmology merekomendasikan pemeriksaan mata setidaknya setiap 1-2 tahun sekali setelah usia 65 tahun.

Masalah mata yang berkaitan dengan usia seperti katarak, retinopati diabetik, glaukoma, dan degenerasi makula dapat diidentifikasi secara dini oleh dokter mata.

Baca juga: 12 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com