Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2023, 08:00 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber CNET

KOMPAS.com - Untuk menjaga tubuh tetap sehat, diet harus mencakup makanan yang sehat dan penuh dengan vitamin dan mineral.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk sistem tubuh secara keseluruhan, tetapi juga untuk setiap komponen tubuh agar berfungsi dengan baik, salah satunya mata.

Jika kita bisa memasukkan lebih banyak makanan terbaik untuk kesehatan mata, maka kita tentu memberi mata apa yang dibutuhkan.

Dengan kata lain, jika kita ingin meningkatkan peluang untuk melihat dengan jelas seumur hidup, kita harus memilih makanan yang baik untuk kesehatan.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Lantas, apa saja makanan yang baik untuk kesehatan mata? Mari kita cari tahu.

Makanan terbaik untuk mata yang sehat

Baik untuk yang memiliki riwayat keluarga dengan masalah penglihatan, atau yang sedang berusaha melawan ketegangan mata dalam keseharian, berikut ini adalah 12 makanan untuk meningkatkan kesehatan mata.

  • Brokoli

Ilustrasi brokoli. PIXABAY/JACQUELINE MACOU Ilustrasi brokoli.
Sebuah penelitian yang dipromosikan oleh American Optometric Association menemukan, indole-3-carbinol, senyawa yang ditemukan dalam brokoli, dapat membantu mengeluarkan racun dari retina.

Hal ini dapat mengurangi risiko degenerasi makula (AMD) yang berkaitan dengan usia --salah satu penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua.

Brokoli juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang juga melindungi mata.

Meskipun demikian, perlu diketahui, penelitian ini menyatakan, kita harus makan brokoli dalam jumlah yang sangat banyak untuk benar-benar dapat melindungi mata dari AMD.

  • Salmon

Menjaga kesehatan mata berarti menjaga mata tetap terhidrasi dengan baik. Beberapa makanan terbaik untuk kesehatan mata bisa sangat membantu.

Salmon, misalnya, mengandung asam lemak omega-3. Kandungan ini membantu mengurangi risiko mata kering --suatu kondisi tidak nyaman yang semakin sering terjadi seiring bertambahnya usia.

Bagi wanita, lebih penting lagi untuk mengonsumsi salmon dan makanan lain yang mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan mata.

Baca juga: 10 Kebiasaan Harian untuk Jaga Kesehatan Mata

Sebab, perempuan memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk mengalami mata kering.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com