Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Sehat di 8 Kota Peringati Hari Jantung Sedunia 2023

Kompas.com - 27/09/2023, 09:32 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peringati Hari Jantung Sedunia 2023, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) akan menggelar kegiatan jalan sehat "Indonesia Heart Walk 2023" pada Kamis, (28/9/2023) di Jakarta.

Agenda jalan sehat ini akan diselenggarakan di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta dengan mengusung konsep fun walk dengan jarak tempuh sejauh 7 kilometer, mengelilingi stadion utama GBK.

Rute fun walk yang bakal digelar ini akan membentuk simbol hati yang melambangkan jantung kita.

Kegiatan jalan sehat rencananya akan diselenggarakan juga di 8 kota besar, seperti Jakarta, Pontianak, Bandung, Medan, Malang, Mataram, Palembang, dan Makassar.

Kegiatan ini merupakan langkah bagi YJI dan PERKI dalam mengedukasi masyarakat lebih luas sebagai upaya pencegahan penyakit jantung dengan berolahraga.

"Dalam rangka memperingati hari jantung sedunia tahun ini, kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya mencegah dan mendeteksi dini untuk memahami tanda – tanda kelainan jantung, sehingga dapat mengurangi risiko kematian mendadak akibat penyakit jantung,"

Demikian disampaikan Ketua Pelaksana Kegiatan Hari Jantung Sedunia 2023 di Indonesia, dr. Bambang Dwiputra, Sp.JP(K) dalam konferensi pers di Jakarta (26/9/2023).

Baca juga: Hari Jantung Sedunia, Ini 8 Cara Menjaga Kesehatan Jantung 

Mela Sabina, Ketua Penyelenggara Heart Walk dan Ketua Bidang Komunikasi dan Promotif YJI mengungkapkan alasan memilih jalan kaki sebagai agenda utama karena aktivitas fisik yang satu ini bisa menjadi cara paling simpel dalam menjaga kesehatan jantung.

"Salah satu aktivitas fisik yang paling mudah dilakukan adalah berjalan kaki. Berjalan dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan sekaligus bagi kesehatan jantung kita," jelas Mela.

Selain itu, acara juga akan diisi dengan upaya pemecahan Rekor MURI untuk kegiatan pemeriksaan mandiri menilai denyut nadi diri sendiri (MENARI) dengan peserta terbanyak yang dilakukan serentak di berbagai kota di Indonesia.

Pemeriksaan jantung secara mandiri ini juga termasuk dalam sosialisasi kegiatan Bantuan Hidup Dasar (BHD) pada masyarakat umum sebagai kegiatan edukasi dan praktik langsung bagi para first responders terhadap pasien henti jantung di kehidupan nyata.

Tidak hanya itu saja, puncak rangkaian kegiatan ini akan diramaikan oleh parade kostum dengan tema Hari Jantung Sedunia dan penampilan musisi dari grup musik RAN (Rayi, Asta, Nino) yang akan digelar di GBK, Jakarta di hari yang sama.

Baca juga: 5 Tips untuk Menurunkan Kolesterol Jahat, Si Pemicu Sakit Jantung

Ilustrasi kesehatan jantungShutterstock/REDPIXEL.PL Ilustrasi kesehatan jantung

 

Indonesia Heart Walk 2023 tidak hanya menyuguhkan agenda hiburan, tapi juga menjadi sarana edukasi untuk memahami dan meningkatkan kesadaran untuk menjaga kesehatan jantung.

Esti Nurjadin, Ketua Umum YJI mengungkapkan, selain memeringati Hari Jantung Sedunia di GBK, beberapa komunitasnya yang lain turut serta dalam aksi penyorotan lampu berwarna merah menggelar kampanye (Shine for World Heart Day – Cahaya untuk Hari Jantung Sedunia) di kawasan Tugu Monumen Nasional, Jakarta Pusat, mulai pukul 18.00 – 06.00 WIB.

"Kami berharap melalui semua kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan kardiovaskular," tutup Esti.

Baca juga: Hari Jantung Sedunia: 9 Rekomendasi Perki untuk Jaga Kesehatan Jantung Selama Pandemi
.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com