Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2023, 13:10 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kram otot yang muncul saat berolahraga menyebabkan rasa nyeri yang bisa membuat kita terpaksa menghentikan latihan. Ketahui apa saja pemicu kram otot yang perlu kita hindari.

Kram otot adalah kontraksi tak disengaja yang bersifat sementara, tetapi sering kali intens dan tidak nyaman pada otot rangka. Penyebabnya bermacam-macam.

Dilansir dari laman Eat This Not That, ada beberapa penyebab kram otot saat berolahraga yang perlu kita ketahui dan cara menangani dengan tepat.

1. Dehidrasi

Menjaga hidrasi tubuh merupakan hal yang sangat penting, bukan hanya saat berolahraga tapi juga setiap hari.

Minum banyak air juga memastikan tubuh tetap berfungsi dengan baik, menjaga kebugaran, meningkatkan energi, mencegah rasa lapar, serta berfungsi sebagai pelepas dahaga yang menyegarkan.

Dehidrasi juga menjadi penyebab umum kram otot.

"Asupan cairan yang tidak memadai sebelum atau selama berolahraga dapat menyebabkan kram otot karena dapat mempengaruhi keseimbangan elektrolit dan merusak fungsi otot," pelatih kebugaran dan duta merek C4 Energy, Cormac Murphy.

Baca juga: 5 Mitos Olahraga yang Bisa Halangi Tujuan Kebugaran

2. Ketidakseimbangan elektrolit

Menurut Murphy, mineral dan elektrolit esensial seperti magnesium, natrium, kalium, dan kalsium memainkan peran penting dalam fungsi otot.

Sebab, kekurangan mineral-mineral tersebut dapat mengganggu kontraksi otot dan menyebabkan kram saat berolahraga. Untuk itu, mempertahankan keseimbangan elektrolit yang tepat adalah kuncinya.

"Pisang, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan produk susu, adalah sumber elektrolit yang baik," jelasnya.

Ilustrasi berolahraga di rumah.Shutterstock/Tirachard Kumtanom Ilustrasi berolahraga di rumah.

3. Terlalu banyak berolahraga

Overtraining atau memaksakan diri berolahraga berlebihan adalah hal yang harus dihindari, salah satunya karena membuat kita rentan mengalami kram otot.

"Mendorong otot terlalu keras atau melakukan latihan berat tanpa pemanasan yang tepat dapat menyebabkan kelelahan otot dan kram," ungkap Murphy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com